Google Analytics Alternative

10 cara pintar akrab dengan bos perempuan

10 cara pintar akrab dengan bos perempuan

10 cara pintar akrab dengan bos perempuan

Tak cocok dengan bos perempuan, padahal Anda pun perempuan? Jangan khawatir, ini sering terjadi! Banyak orang merasa malas punya bos perempuan.  Anggapan umum sudah terlanjur tercipta, atasan wanita biasanya cerewet dan terlalu pakai perasaan.  Tapi anggapan bisa terpatahkan, kalau Anda menguasai 10 cara pintar akrab dengan bos perempuan.  Praktekkan saja tips dari John Gray,Ph.D. pengarang buku Mars and Venus in the workplace :

  1. Sapa dengan akrab.

    Saat bos baru tiba kekantor di pagi hari, jangan langsung menyerbu dengan segala macam pertanyaan tentang pekerjaan. Sapalah dia dengan akrab dan jangan lupa sebut namanya.  Anda bisa juga menanyakan tentang kegiatan akhir minggunya.

  2. Ingat-ingat nama suami dan anak-anaknya.

    Lebih bagus lagi Anda tahu usia anak-anaknya.  Seperti juga Anda, keluarga bagi atasan adalah harta yang berharga.  Dia pasti akan senang jika ditanya kabar anak-anaknya. Jika anak atau suaminya sedang berkunjung ke kantor sapalah mereka.

  3. Puji penampilannya.

    Jangan juga lewatkan kesempatan untuk mengomentari perubahan penampilannya, entah potongan rambut atau pakaian baru yang dipakai.  Berikan pujian untuk perubahan tersebut tanpa nada-nada hendak menjilat.

  4. Tawarkan bantuan.

    Saat atasan tampat repot membawa banyak file kerja atau barangyang berat, tak ada salahnya Anda meringankan bebannya.  Juga saat dia tampat begitu lelah diruangannya. Tawarkan untuk membawakan minuman yang menyengarkan.  Kalau sudah akrab, Anda bisa langsung muncul keruangannya sambil membawa segelas minuman.

  5. Beritahu sebelumnya.

    Jangan ragu mengabari bos kalau Anda akan datang terlambat kekantor.  Bisa lewat telepon atau SMS. Lakukan hal yang sama jika Anda ternyata tidak bisa masuk hari itu atau akan pergi keluar kantor sebentar.  Wanita mudah merasa tak aman jika rekan kerja atau anak buahnya tidak lengkap dikantor.

  6. Selalu lakukan kontak mata.

    Terapkan kebiasaan ini saat berbicara dengan dia, tapi jangan menatap langsung kearah matanya.  Arahkan mata Anda pada seluruh wajah bos.  Saat sedang rapat dengannya, jangan sampai terlihat sedang melihat jam tangan.  Secara tak langsung, Anda telah menganggapnya menghabiskan waktu yang bertele-tele.

  7. Dengarkan keluhannya.

    Bisa jadi, suatu hari bos akan mencurahkan isi hatinya kepada Anda.  Dengarkan dia dan jangan memotong ceritanya. Sebelum memberikan respons, ulangi lagi apa yang ia katakan dengan suara yang bernada positip.  Bos pun akan merasa diperhatikan dan Anda akan dianggapnya sebagai teman yang bisa dipercaya.

  8. Buat dia nyaman selama dan setelah business trip. 

    Jika Anda diminta tolong mereservasi hotel untuk business trip bos, pastikan dia mendapat pelayanan yang terbaik.  Mintalah pada staf hotel untuk menyediakan welcome drink, bunga atau keranjang buah dikamarnya.  Setelah dia kembali ke kantor, jangan lupa ceritakan apa saja yang terjadi di kantor selama dia tak ada.

  9. Perhatikan kesehatannya.

    Tak ada manusia yang dapat luput dari penyakit.  Saat bos Anda sakit atau terlihat kurang sehat, tanyakan keadaannya dengan wajah yang penuh simpati.  Anda boleh juga memberikan tips-tips kecil yang berguna untuk menanggulangi penyakitnya.

  10. Tepati janji. 

    Wanita paling pantang di bohongi.  Karenanya, jika Anda telah berjanji padanya akan melakukan sesuatu, penuhilah.  Setelah rapat dengan bos, kirim catatan tertulis berisi apa saja yang akan Anda lakukan sehubunagn dengan hasil meeting.  Pastikan tulisan Anda rapi dan mudah terbaca.  Soalnya, wanita amat menghargai kerapian dimanapun mereka.  Jangan lupa juga untuk merealisasikan janji Anda tersebut.

Demikian 10 tips cara pintar agar bisa akrab dengan boss perempuan Kariers.

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: