Breaking News

    3 ‘Aturan’ Menjawab Pertanyaan Tricky Rekruter

    3 ‘Aturan’ Menjawab Pertanyaan Tricky Rekruter

    Dalam proses wawancara rekruter dapat menanyakan berbagai macam pertanyaan. Mulai dari yang terdengar normal, ‘nyeleneh’ sampai yang cukup tricky untuk dijawab.

    Salah satu pertanyaan yang cukup tricky untuk dijawab adalah, “Ceritakanlah kapan waktu Anda pernah melakukan kesalahan.” Rahasianya, ceritakanlah secara jelas apa dan kapan Anda pernah melakukan kesalahan.

    Kebanyakan orang akan melempar kesalahan pada orang lain dan membuat dirinya terkesan tidak bersalah. Namun ternyata bukan itulah yang diharapkan oleh rekruter.

    The Muse memberikan beberapa ‘aturan’ bagi Anda dalam menjawab pertanyaan wawancara yang cukup tricky tersebut. Apa saja ‘aturannya?’ Simak ulasannya berikut ini.

    1. Tidak menyalahkan orang lain

    Ketahuilah bahwa setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Rekruter Anda pun pasti mengetahuinya. Namun ketika suatu kesalahan disebabkan oleh Anda, terimalah hal tersebut dengan bertanggung jawab. Tidak ada orang yang ingin bekerja dengan orang yang suka melemparkan kesalahan pada orang lain.

    Ceritakanlah tentang kesalahan yang pernah Anda lakukan. Berikanlah penjelasan pelajaran apa yang Anda dapat dari kesalahan tersebut dan apa yang Anda lakukan untuk bangkit dari kesalahan tersebut. Hal tersebut memperlihatkan bahwa Anda mengambil sisi positif dari kesalahan yang Anda perbuat.

    2. Jangan berasumsi bahwa pertanyaan tersebut sudah selesai

    Ketika rekruter bertanya dan Anda menjawab, jangan berpikir bahwa tidak akan ada pertanyaan lanjutan berikutnya. Jawaban yang jujur memang diperlukan, namun ketika digali lebih dalam tidak mudah untuk menjawab dengan jujur.

    Sekali Anda menceritakan kesalahan Anda, ceritakanlah secara jujur dan apa adanya. Segala jawaban yang Anda berikan akan membuat rekruter menanyakan pertanyaan lagi yang sifatnya lebih menggali. Jawablah dengan tenang.

    3. Jangan menyalahkan perusahaan anda yang sebelumnya

    Terkadang memang tidak membutuhkan waktu lama bahwa Anda tidak cocok untuk suatu pekerjaan. Jika Anda pernah melakukan kesalahan dan menyatakan bahwa hal tersebut dikarenakan Anda tidak cocok untuk pekerjaan tersebut, Anda melakukan kesalahan besar.

    Hindari mengungkapkan betapa tidak sukanya Anda dengan atasan Anda, rekan tim Anda ataupun perusahaan Anda sebelumnya. Yakinlah bahwa setiap orang pasti akan mendapatkan pekerjaan yang cocok untuknya. Hanya masalah waktu sampai Anda mendapatkan hal yang sama.

    Perlu Anda ingat bahwa tidak ada orang yang senang membahas kesalahan yang pernah dibuat. Meskipun begitu suatu kesalahan perlu untuk diungkit untuk melihat seberapa jauh Anda mendapatkan pelajaran dari kesalahan tersebut. Dengan jawaban yang Anda berikan rekruter pun bisa melihat apakah Anda orang yang tepat ataukah tidak untuk pekerjaan tersebut.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: