Google Analytics Alternative

3 cara terbaik agar 360 degree  feedback efektif

3 cara terbaik agar 360 degree  feedback efektif

Untuk menciptakan organisasi yang dapat bersaing di pasar bebas seperti sekarang ini memerlukan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya. Oleh sebab itu pengembangan karyawan menjadi mutlak dibutuhkan untuk tercapainya organisasi yang memiliki daya saing yang tinggi. 360 degree feedback lah yang menjadi sistem penilaian kinerja, agar berjalan efektif berikut 3 cara terbaik :

  1. Memperjelas akuntabiliti, seleksi dan anonimitas dari rater.

Rekan kerja yang dipilih untuk menberikan 360 ratings harus mengetahui siapa yang akan memberikan rating dengan anonim (biasanya rekan kerja atau karyawan dengan satu level) dan siapa yang akan memberikan rating dengan tidak disamarkan namanya (biasanya boss dan level Supervisor). Karena kebanyakan karyawan mungkin khawatir terhadap pembalasan atau konsekuensi hukuman untuk peringkat yang mereka berikan, terutama jika yang mereka berikan rating adalah atasan mereka.

  1. Review dan penafsiran hasil feedback

Nowack (1992) menunjukan bahwa kondisi yang diperlukan untuk memulai dan mempertahankan perubahan perilaku adalah kemampuan untuk menafsirkan Kritikan dari orang lain dengan cara yang positif.

  1. Tindak lanjut

Setiap beberapa bulan para peserta bertanggung jawab atas setiap kemajuan dalam menyelesaikan tujuan mereka.

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: