Google Analytics Alternative

3 Strategi Mencari Kerja yang Salah dan Bagaimana Memperbaikinya

3 Strategi Mencari Kerja yang Salah dan Bagaimana Memperbaikinya

3 Strategi Mencari Kerja yang Salah dan Bagaimana Memperbaikinya

Terkadang seorang pencari kerja menyadari bahwa banyak kesalahan yang di lakukan saat mengirimkan lamaran. Mulai dari lupa meng-attach CV, mengirimkan CV yang belum diperbaharui, sampai cover letter yang salah alamat loh kariers. Meski menyadari kesalahannya, ia masih saja melakukan kesalahan yang sama. Di sisi lain terkadang merasa bahwa yang dilakukan telah  benar. Namun ternyata, apa yang sudah di lakukan tidak sepenuhnya benar.

Sayangnya, strategi yang sama ini terus menerus diaplikasikan dalam mencari pekerjaan. Jika Anda menyadari akan kesalahan tersebut, segera ganti strategi Anda dalam mencari pekerjaan. Sebelum mengganti strategi tersebut, alangkah lebih baiknya Anda menyimak tips dari The Muse.

  1. Melamar Sebanyak Mungkin Lowongan yang Ada

Anda berpikir bahwa semakin banyak resume yang dikirimkan, maka semakin besar kemungkinan akan dipanggil wawancara. Kenyataannya tidak seperti itu. Hampir semua pelamar melakukan hal yang sama. Nyatanya, mengirimkan lamaran sebanyak mungkin memberikan beberapa arti :

1) Anda tidak benar-benar mengetahui apa yang Anda inginkan, 2) Anda terlihat sangat putus asa, 3) Anda tidak memahami iklan lowongan tersebut.

Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Daripada Anda melamar ke setiap lowongan pekerjaan yang ada, cobalah untuk membuat daftar perusahaan mana yang Anda inginkan dan pekerjaan seperti apa yang Anda mau. Tentu saja ini membutuhkan waktu. Sambil menunggu adanya lowongan pekerjaan di perusahaan yang Anda inginkan, perbaikilah resume dan cover letter Anda.

  1. Melamar Segera Setelah Iklan di Pasang

Anda telah membuat daftar perusahaan dan pekerjaan yang Anda inginkan. Beruntungnya Anda kariers, ternyata mereka membuat iklan sesuai dengan yang Anda inginkan. Tanpa pikir panjang, Anda langsung mengirimkan resume dan cover letter Anda. Anda ingin menjadi orang pertama yang dilihat oleh hiring manager sehingga ia langsung memanggil Anda. Namun kenyataannya tidaklah seperti itu.

Berilah waktu jeda sehari setelah iklan lowongan pekerjaan tersebut dipasang. Daripada terburu-buru mengirimkan resume, alangkah lebih baiknya jika Anda mengecek resume Anda terlebih dahulu. Perhatikan dengan detail resume yang Anda kirimkan. Apakah sudah benar spelling-nya, apakah masih ada yang perlu ditambahkan untuk menunjang posisi yang Anda lamar, dan sebagainya.

  1.  Mengirimkan Lamaran Pada Posisi yang Tidak Tepat

Terkadang setiap orang ingin mencoba hal baru dalam hidupnya. Termasuk dalam memilih pekerjaan yang baru dan mungkin berbeda dengan pengalaman Anda sebelumnya. Hal ini memang baik bagi Anda, dan siapa tahu ternyata memang Anda lebih baik dibanding yang Anda pikirkan kariers. Namun terdapat sedikit perbedaan antara melamar untuk posisi yang berbeda dan melamar untuk posisi yang tidak akan Anda dapatkan.

Carilah pekerjaan yang tepat. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki. Lagi-lagi, hal ini membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun yakinlah bahwa usaha dan kesabaran yang Anda lakukan akan memberikan hasil yang baik pula.

Pada intinya kesalahan yang Anda lakukan saat mencari kerja bisa langsung diminimalisir tergantung bagaimana cara anda memperbaiknya kariers, So tetap bersabar ya kariers selagi dalam masa pencarian kerja.

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: