Breaking News

    4 Cara melakukan seleksi assessor

    4 Cara melakukan seleksi assessor

    Pada dasarnya, seleksi assesor merupakan proses menilai derajat kecocokan antara seorang kandidat dengan peranan atau tugas-tugas yang harus dijalankan oleh seorang assessor dalam sebuah program assessment centre kariers. Oleh sebab itu kriteria yang harus dilihat dalam menyeleksi assessor adalah sebagai berikut:

    1. Keterampilan Assessment

    Kemampuan minimal yang harus dimiliki oleh assessor adalah keterampilan pokok untuk melakukan assessment yang terdiri dari empat unsur yaitu: Observation, Recording, Classification, Evaluation. Para assessor mencapai penguasaan keterampilan ini melalui pelatihan penggunaan latihanlatihan simulasi assessment centre dan competenc- based interview.

    2. Keterampilan sosial dan komunikasi

    Disamping keterampilan analitis, assessor yang efektif juga harus menguasai kemampuan kemampuan berkomunikasi yang baik, terutama dalam aspek keterampilan mendengarkan, keterampilan bertanya, keterampilan interpersonal, dan empati.

    3. Kualitas kepribadian

    Aspek ketiga yang harus dimiliki oleh assessor dalam kualitas memadai adalah kualitas kepribadian, terutama dalam hal: (Integritas, Keterbukaan pikiran dan Kredibilitas berdasarkan profesionalisme dan keahlian).

    4. Faktor-faktor lain

    Hubungan kerja antara assessor  dan peserta juga sangat perlu dipertimbangkan. Jika para assessor yang bertugas assessment centre adalah atasan langsung para peserta, harus diatur supaya tidak menempatkan seorang manajer lini dalam posisi sebagai assessor langsung untuk bawahannya. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang berpangkal dari pengetahuan dan persepsi assessor mengenai peserta dari hubungan kerja dan pergaulan sehari-hari, dan juga menyingkirkan tekanan ekstra pada diri peserta.

    Kesuksesan program secara efektif beralih kepada tim implementasi dan para assessor yang akan menjalakan program. Pemilihan assessor merupakan tahapan yang vital dalam keseluruhan proyek assessment centre kariers.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: