Google Analytics Alternative

5 Langkah mudah untuk analisis jabatan

5 Langkah mudah untuk analisis jabatan

Analisis jabatan merupakan studi mendalam tentang pekerjaan yang menyediakan informasi untuk deskripsi pekerjaan kariers. Dalam melakukan analisis, kita akan mengumpulkan informasi tentang pekerjaan melalui wawancara karyawan, mengamati kinerja tugas-tugas tertentu, meminta karyawan untuk mengisi kuesioner dan lembar kerja. Berikut 5 langkah mudah untuk analisis jabatan.pengal

  1. Memahami pekerjaan

Mulailah dengan mengembangkan pemahaman yang lengkap tentang posisi pekerjaan tertentu. Ini adalah hal dasar untuk dilakukan.

  1. Identifikasi perilaku kinerja

Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang akan digunakan untuk mengevaluasi kualitas pekerjaan. Baik mengidentifikasi contoh-contoh perilaku yang efektif maupun yang tidak efektif.

  1. Kompetensi yang penting

Ketika menentukan seberapa penting kompetensi tersebut kita perlu mempertimbangkan kesulitan atau kekritisan tugas yang dilakukan, dampak pada hasil kerja, dampak terhadap kinerja karyawan lain konsekuensi dari kesalahannya jika tidak dimiliki, seberapa sering digunakan pada pekerjaan.

  1. Identifikasi level target

Level target mengacu pada jenis perilaku yang ditunjukkan oleh kinerja yang tinggi bukan standar minimum. Kuncinya adalah dengan melihat sebagian besar waktu yang digunakan.

  1. Pengalaman, pendidikan dan pelatihan

Tentukan bagaimana cara memperolehnya apakah melalui pendidikan, pengalaman atau dengan pelatihan. Pastikan untuk menyertakan sebanyak mungkin kombinasi antara latar belakang pendidikan dan pengalaman.

Analisis jabatan penting untuk mengontrol stres kerja, meningkatkan kualitas hidup dalam bekerja, dan untuk mencapai kesuksesan kariers..

 

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: