Breaking News

    5 Manfaat Organization Citizenship Behavior bagi Organisasi

    5 Manfaat Organization Citizenship Behavior bagi Organisasi

    Ya, tentu sebuah perusahaan atau organisasi pasti akan mendapatkan sebuah manfaat jika karyawan nya menumbuhkan perilaku Organizational Citizenship Behavior.

    Ada yang mengatakan bahwa karyawan yang bekerja pada organisasi yang memiliki kinerja tinggi—maka OCB pun akan semakin baik. Organisasi akan berfungsi lebih efektif jika setiap karyawan nya memberikan kinerja yang baik dan banyak berkontribusi pada setiap pekerjaannya. Banyak organisasi yang masih kebingungan menanggapi sebuah perubahan dari faktor eksternal organisasi—dan ruang lingkup lingkungan yang berbeda. Dan dalam hal ini OCB dapat meningkatkan kinerja organisasi, karena perilaku OCB diumpamakan seperti “minyak” dari mesin sosial organisasi. Dengan hal ini akan meminimalisir sebuah perselisihan dan meningkatkan efisensi organisasi. Karyawan yang melakukan perilaku OCB jelas akan memberikan manfaat yang tersirat bagi sebuah perusahaan, karena hal ini akan menguntungkan serta memberikan citra yang bagus bagi orang-orang luar organisasi—atau organisasi lain sekalipun.

    Beberapa manfaat yang diberikan OCB terhadap organisasi adalah:

    1. Meningkatkan Produktivitas rekan kerja

    Jika beberapa rekan kerja belum bisa memberikan perilaku OCB—maka hal ini akan memacu karyawan lainnya untuk bertanggung jawab juga memeberikan yang terbaik untuk organisasi nya. Hal ini akan meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja.

    2. Menghemat sumber daya yang dimiliki

    Karena loyalitas nya dalam pekerjaan—maka hal ini akan meminimalisir pengeluaran untuk tenaga-tenaga baru, maksudnya hal ini akan meminimalisir sumber daya yang ada di sebuah organisasi, baik itu sumber daya manajemen ataupun sumber daya organisasi.

    3. Menjadi fasilitas yang efektif untuk kordinasi kelompok

    OCB sangat membuat efektif segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan—apalagi perihal koordinasi yang memang agak sulit untuk dilakukan. Tetapi dengan perilaku OCB ini akan menjadi sebuah sarana yang efektif untuk saling berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait.

    4. OCB dapat meningkatkan organisasi dengan menambah atau mempertahankan karyawan terbaik.

    Karena salah satu nyawa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan adalah karyawan. Maka ketika memilih karyawan memang mesti yang memiliki pandangan serta tujuan yang sama dengan perusahaan—yang bisa menjadikan mereka karyawan terbaik untuk organisasi. Dan ketika telah merasa dan memiliki karyawan terbaik maka hal itu dapat meningkatkan kinerja sebuah organisasi. Betul?

    5. OCB meningkatkan kemampuan organisasi untuk menyesuaikan perubahan lingkungan.

    Ya, agak sulit memang jika sebuah organisasi harus bertemu dengan lingkungaan yang baru. Proses adaptasi itu sedikit sulit—tapi hal itu perlu untuk tetap menunjang kinerja sebuah organisasi. Maka berterima kasih lah kepada individu yang telah melakukan perilaku OCB, karena tanpa disadari hal itu dapat membuat organisasi mampu mmenyesuaikan perubahan baru.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: