Google Analytics Alternative

6 Metode terbaik dalam pelatihan SDM

6 Metode terbaik dalam pelatihan SDM

Pelatihan SDM sangat berguna untuk pegawai pelaksana dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan teknis. Pada saat memilih rancangan metode pelatihan dan media yang digunakan harus diperhatikan keterampilan trainer dan sumber daya yang perusahaan miliki kariers. Berikut beberapa metode terbaik yang dapat digunakan dalam program pelatihan SDM :

  1. Self Learning

Self learning merupakan pelatihan yang menggunakan modul, video tape atau kaset, sehinga karyawan dapat mempelajarinya sendiri.

  1. On the Job Training

On The Job Training merupakan pelatihan dimana para peserta latihan langsung bekerja di tempat untuk belajar dan meniru suatu pekerjaan di bawah bimbingan seorang pengawas.

  1. Task Assignment

Metode Task Assigment adalah metode yang dilakukan dengan cara meminta karyawan untuk melakukan tugas sesuai dengan perintah dengan batas waktu tertentu.

  1. Project Assignment

Project Assigment adalah metode metode pelatihan dimana karyawan diminta untuk membuat suatu project  yang dikerjakan secara berkelompok.

  1. Coaching

Coaching adalah proses membimbing bawahan dalam team, dan proses bagaimana pemimpin mengembangkan kesadaran diri anggota/bawahan dengan melakukan tatap muka, untuk masalah kinerja berkaitan keterampilan / kompetensi teknik, keterampilan managerial (soft skill).

  1. Counseling

Proses membantu bawahan untuk urusan yang terkait dengan pemahaman diri bawahan, penerimaan diri dan pertumbuhan emosi, pengenalan karakter, masalah sikap, mental, kepribadian, attitude, masalah keluarga, keuangan dll.

 

Bagaimana kariers apakah anda tertarik mencoba 6 metode di atas untuk pelatihan SDM ?

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: