Breaking News

    6 Pertanyaan Sebelum Memutuskan Untuk Menerima Promosi Kerja

    6 Pertanyaan Sebelum Memutuskan Untuk Menerima Promosi Kerja

    Kamu baru saja mendengar kabar baik – sang bos memberikan kamu promosi kerja! Tahan sejenak keceriaan kamu dan pikirkan baik-baik sebelum membuat keputusan apapun. Jangan terlena sebelum kamu mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut:

     

    Apa Saya Siap Menerima Promosi Ini?

    Lihat kembali diri kamu dan tanyakan kesiapan kamu terhadap promosi yang sedang ditawarkan ke kamu. Tanyakan informasi sejelas mungkin tentang kesibukan yang menantimu jika kamu menerima tawaran promosi tersebut dan putuskan apakah kamu siap untuk menghadapi segala tantangannya. Beberapa karyawan berhasil pada posisi manajerial sedangkan yang lain berkembang pada divisi produksi, jadi temukan tipe pekerja seperti apakah diri kamu. Ann Latham, seorang konsultan karir, berbicara mengenai masalah yang timbul ketika mempromosikan seorang karyawan yang berorientasi pada tugas, untuk mengisi peran manajemen. Ia mengatakan, “Jika Anda merupakan pribadi yang mengukur keberhasilan Anda berhubungan dengan kode, kualitas design ataupun pekerjaan lain yang serupa, kekuatan kamu mungkin tidak dalam mengatur karyawan, tetapi dalam melakukan tinjauan kerja.” Apa yang akan kamu lakukan ketika menghadapi masalah ini? Buat permohonan untuk melakukan uji coba pada manajemen sebelum kamu berkomitmen pada promosi pekerjaan yang baru.

     

    Apakah Promosi Ini Sesuai Dengan Target Karir Saya?

    Penting untuk mengetahui bahwa tidak semua promosi dapat mengantarkan kamu pada kesuksesan karir. Lakukan evaluasi apakah promosi yang ditawarkan akan berdampak bagi tujuan jangka panjang karir kamu. Apakah ini merupakan langkah yang tepat atau malah menyesatkan? Katakan “ya” ketika promosi tersebut sesuai dengan ketertarikan kamu.

     

    Apa yang Akan Berubah Jika Saya Menerima Tawaran Ini?

    Sebuah promosi menuntut tanggung jawab lebih untuk menangani sesuatu dan ini memiliki pengaruh terhadap kehidupan kamu. Selain itu, perubahan pada jadwal dan tempat kerja juga termasuk di dalamnya. Mengingat kemungkinan ini, kamu mungkin akan bertanya pada diri sendiri: Apakah saya siap menghadapi segala perubahan yang akan terjadi terkait dengan promosi ini? Penting untuk memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi sehingga lakukan evaluasi terhadap situasi kamu sekarang dan lihat apakah ada kecocokan dengan promosi pekerjaan ini.

     

    Apa Manfaat yang Dihasilkan oleh Pekerjaan Ini?

    Promosi pekerjaan seharusnya meliputi kenaikan gaji dan beberapa keuntungan lain, bukan? Ternyata tidak semua, jadi jangan terlalu senang dulu. Pastikan bahwa promosi ini diiringi dengan kenaikan gaji yang signifikan. Mengapa? Karena kamu akan menghadapi lebih banyak pekerjaan dan tanggung jawab maka seharusnya kamu mendapat kompensasi pada nominal yang layak. Bicarakan dengan atasanmu dan lakukan negosiasi gaji untuk mendapat angka yang sesuai dengan tanggung jawab pekerjaanmu.

     

    Seperti Apa Posisi dan Keadaan Divisi yang Ditawarkan Pada Saya?

    Penting untuk mengetahui lebih jauh mengenai status posisi yang akan kamu tempati sebelum memutuskan apakah kamu menerimanya atau tidak. Jika kamu dimaksudkan untuk menggantikan posisi orang lain, bicaralah pada orang tersebut lebih dalam mengenai keadaan terkini divisi tersebut. Lontarkan pertanyaan seperti, “Apakah ada pekerjaan pending yang harus segera diselesaikan?” Kamu juga dapat bertanya tentang budaya dan lingkungan kerja di divisi tersebut. Apakah terdapat hal-hal ataupun seseorang yang harus diperhatikan ketika kamu memulai pekerjaan pada posisi di dalam divisi tersebut? Sebaiknya kamu tetap up-to-date dengan apa yang sedang terjadi sehingga kamu tahu bagaimana pendekatan yang tepat. Lengkapi dirimu dengan pengetahuan yang cukup untuk membantu kamu berkembang di posisi yang kamu putuskan akan menempatinya.

     

    Apakah Saya Benar-benar Menginginkan Pekerjaan Ini?

    Bertanya pada diri sendiri tentang hal ini akan membantu kamu memahami apakah pekerjaan ini merupakan sesuatu yang benar-benar kamu inginkan. Pada beberapa perusahaan, promosi kerja tidak diberikan begitu saja, karena biasanya akan diumumkan lowongan kerja sehingga semua karyawan mempunyai kesempatan yang sama. Jika ini yang terjadi di kantormu, tanyakan hal ini jika kamu ingin mencoba kesempatan mendapatkan lowongan tersebut. Latham berpendapat, “Jika kamu melihat lowongan ini secara online dan terdapat informasi kenaikan gaji, maka kemungkinan ini adalah pilihan yang tepat.”

    Layaknya keputusan penting berkaitan dengan karir pada umumnya, mempertimbangkan pro dan kontra akan memberikan dampak baik bagi kamu. Luangkan sejenak waktu untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum kamu mengambil keputusan.

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: