Breaking News

    7 Dimensi dari Perilaku Organization Citizenship Behavior

    7 Dimensi dari Perilaku Organization Citizenship Behavior

    Perilaku Organization Citizenship Behavior itu bukan perilaku yang kritis terhadap pekerjaan—tetapi justru menguntungkan tim dan mendorong fungsi dan efisiensi organisasi yang lebih besar. Tipe seperti ini biasanya dikategorikan sebagai pekerja going above and beyond’ atau belajar diatas dan diluar—maksudnya adalah diluar pekerjaan yang mereka kerjakan ketika bekerja. Perilaku ini berorientasi bahwa pekerjaan mereka lebih dari sekedar gaji belaka—jauh dari itu mereka berusaha untuk melakukan apapun yang mereka bisa untuk membuat lingkungan kerja mereka berjalan dengan lancar. Dan perilaku semacam ini pasti akan diperhatikan oleh pihak yang berpengaruh dari sebuah organisasi tersebut.Secara umum Organization Citizenship Behavior merujuk pada 3 elemen, yaitu; kepatuhan, loyalitas, dan partisipasi. Citizenship merupakan definisi dari kepatuhan dan loyalitas—sedangkan behavior merujuk pada partisipasi.Perilaku OCB juga menyangkut esensi dari performa kerja individual—yang berhubungan dengan perilaku etikal. Ada beberapa dimensi dari Organization Citizenship Behavior. Berikut uraian dimensi nya:

    1. Helping behavior, yaitu perilaku saling membantu antar sesama dan mencegah adanya kemalasan dalam pekerjaan. Perilaku ini merupakan bentuk perilaku sukarela individu untuk menolong individu lain atau mencegah terjadinya permasalahan yang terkait dengan pekerjaan.
    2. Individual initiative, merupakan bentuk self-motivation individu dalam melaksanakan tugas secara lebih baik atau melampaui standar/level yang ditetapkan. Perilaku ini berasal dari dalam diri masing-masing si pelaku perilaku OCB tersebut.
    3. Sportmanship, merupakan kemauan atau keinginan untuk menerima toleransi terhadap ketidaknyaman yang muncul dalam pekerjaan—atau lingkungan pekerjaan.
    4. Organizational loyalty, merupakan bentuk perilaku loyalitas individu terhadap organisasi—selalu memberikan image yang baik pada sebuah organisasi.
    5. Civic virtue, merupakan bentuk komitmen kepada organisasi secara makro atau secara keseluruhan seperti menghadiri pertemuan, menyampaikan pendapat atau berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi.
    6. Courtesy, adalah perilaku meringankan permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan yang dihadapi orang lain. Perilaku ini timbul dari diri sendiri yang orientasi nya demi semakin baiknya citra sebuah organisasi—karena jika terdapat permasalahan meskipun itu berkaitan dengan oranglain jika tidak ada rasa untuk meringankan hal itu pasti akan berdampak pula kepada kinerja sebuah organisasi nya.
    7. Self-Development, merupakan bentuk individu yang sukarela meningkatkan pengembangan diri dan kemampuannya seperti mengikuti kursus yang akan menunjang pengembangan dirinya dalam bekerja.

    Dimensi dari OCB sebenarnya berasal dari diri kita masing-masing—hadirnya sikap toleransi dan loyalitas dalam bekerja—lambat laun akan membentuk perilaku Organization Citizenship Behavior.

    Jangan  berharap apapun pada perilaku ini—karena perilaku ini merupakan sebuah sikap tanpa pamrih. Tetapi selalu percaya bukan apapun yang dilakukan dengan hati tanpa mengharap apapun pasti akan mendatangkan kebaikan—dalam bentuk apapun.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: