Breaking News

    8 Proses Dalam Menyusun Man Power Planning

    8 Proses Dalam Menyusun Man Power Planning

    Dalam mengembangkan organisasi kita membutuhkan perencanaan yang matang terutama dalam merencakan sumberdaya manusia. Setiap Human Resource manager pasti membutuhkan perbaikan kebijakan dalam mencari tenaga kerja dari waktu ke waktu agar mendapatkan hasil yang maksimal. oleh sebab itu manpower planning merupakan suatu proses yang kontinu.

    Sebenarnya apa yang dimaksud dengan manpower planning?

    Menurut Andrew E. Sikula (1981:145) perencanaan sumber daya manusia atau perencanaan tenaga kerja didefinisikan sebagai proses menentukan kebutuhan tenaga kerja dan berarti mempertemukan kebutuhan tersebut agar pelaksanaannya berintegrasi dengan rencana organisasi.

    Perencanaan tenaga kerja juga dapat diartikan sebagai proses peramalan pengembangan, Pengimplementasian, dan pengontrolan yang menjamin perusahaan mempunyai kesesuaian jumlah pegawai, penempatan pegawai secara benar, waktu yang tepat, yang sangat bermanfaat secara ekonomis. (Milkovich, George and Nystrom, Paul C.)

    Maka dapat kita simpulkan bahwa manpower Planning merupakan suatu proses untuk menentukan kebutuhan akan tenaga kerja berdasarkan peramalan, pengembangan, pengimplementasian, dan pengendalian kebutuhan tersebut yang berintegrasi dengan perencanaan organisasi agar tercipta jumlah pegawai, penempatan pegawai yang tepat dan bermanfaat secara ekonomis.

    Bagaimana Tahapan dalam membuat manpower planning yang baik?

    Terdapat beberapa tahap dalam membuat manpower planning tersebut, berikut tahapannya:

    1. Tujuan dari Perencanaan Sumber daya manusia

    Perencanaan sumber daya manusia harus cocok untuk seluruh organization plans. Perencanaan ini harus terfokus untuk mengisi lowongan kerja yang dibutuhkan nanti daripada memaksakan karyawan yang sudah ada dengan posisi yang tersedia.

    1. Ketersediaan sumber daya manusia yang ada saat ini.

    Ketersediaan sumber daya yang ada saat ini harus terus-menerus dipertahankan oleh setiap departemen. Data sumberdaya yang ada harus meliputi biodata dari seriap individu yang ada. Data ini tidak hanya membantu dalam pengembangan karyawan tetapi untuk mencari kelebihan/kekurangan dari sumberdaya yang ada.

    1. Permintaan/ supply Forecasting

    Pertama-tama setiap organisasi harus memeriksa permintaan sumber daya setiap satu tahun, dua tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk melihat employment trends yang menunjukan angka pegawai yang ada pada daftar gaji dalam tiga tahun terakhir sehingga kita mampu melihat kecenderungannya. Apakah kencendrungan pergantian muncul karena adanya kematian, pensiun atau pemecatan karyawan. Selain itu kencendrungan pergantian pegawai juga dapat muncul karena pertumbuhan dan perluasan perusahaan yang turutserta mengambil bagian dalam meningkatkan jumlah posisi yang dibutuhkan di tempat kerja.

    1. Menetukan jumlah kebutuhan

    Human Resource manager harus memeriksa permintaan dan penyaluran dari sumber daya manusia sebelum menyimpulkan apapun.

    1. Redemployment dan redudancy

    Di dalam redemployment kelebihan tenaga kerja yang ada di satu departemen dapat di pindahkan ke departemen lain yang memiliki kekurangan tenaga kerja dan di dalam kasus redundancy kelebihan tenaga kerja tidak dapat dilakukan redeployment, tetapi mereka bisa ditawarkan skema pensiun yang dilakukan secara sukarela.

    1. Program kerja

    Tahap ini diperlukan untuk mempersiapkan program rekrutmen, seleksi, mutasi dan promosi untuk mencapai tujuan organisasi.

    1. Pelatihan dan Pengembangan

    Sangat diperlukan bagi karyawan untuk menjaga mereka agar tetap meningkatkan kemampuan dan pengetahuan yang menunjang setiap pekerjaan yang sedang mereka jalani.

    1. Evaluasi dari Human resource planning

    Setelah melakukan semua tahapan sebelumnya kita memerlukan evaluasi efektivitas perencanaan sumberdaya manusia yang sudah dijalankan.

    Sumber:

    8 processes of human resource planning. http://managementation.com/8-processes-of-human-resource-planning/

    Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2009. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Refika Aditama.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: