Breaking News

    Ada Apa Sajakah Tipe-tipe Counseling?

    Ada Apa Sajakah Tipe-tipe Counseling?

    Counseling adalah proses pemberian dukungan oleh manajer untuk membantu seorang karyawan mengatasi masalah pribadi di tempat kerja atau masalah yang muncul akibat perubahan organisasi yang berdampak pada prestasi kerja. Situasi kerja yang membutuhkan counseling ada beberapa seperti: terjadinya perubahan organisasi; PHK; adanya penurunan gaji, status serta jabatan; adanya hambatan karir; konflik dengan atasan atau sesama karyawan; dll.

    Counseling merupakan teknik untuk meningkatkan efektifitas perilaku dan sikap mental agar sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Konseling dilakukan apabila setelah coaching dilakukan tidak terjadi perubahan atau peningkatan kinerja dari bawahannya. Counseling lebih mengarah pada aspek psikologis dari individual, sehingga untuk melaksanakannnya seorang manajer/supervisor perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk memahami kebutuhan-kebutuhan psikologis tersebut.

    Menurut Pietrofesa dkk (1978) ada beberapa tipe counselling, yaitu:

    1. Crisis counseling. Pada tipe ini counselor menerima situasi dan menciptakan keseimbangan pribadi serta penguasaan diri dari klien. Counselor akan memberikan intervensi langsung kepada klien serta dukungan dan ekspresi penghargaan terhadap klien.
    2. Fasilitatif counseling. Tipe ini membantu klien dalam memperjelas permasalahan yang terjadi. Bantuan yang diberikan dapat berupa pemahaman dan penerimaan diri serta rencana tindakan dalam mengatasi masalah. Counselor akan membantu klien untuk bertanggung jawab sendiri dalam melaksanakan semua tugasnya.
    3. Preventif counseling. Counselor akan menyajikan informasi kepada suatu kelompok atau individu untuk membantu mengarahkan kepada program pencegahan masalah.
    4. Developmental counseling. Tipe ini terfokus kepaa membantu klien mencapai pertumbuhan pribadi yang positif.

     

    Sumber:

    www.indonesiannursing.com/

    www.pelatihan-sdm.net/

    www.ichsan-menembus-batas-nalar.blogspot.sg/

     

     

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: