Breaking News

    Alasan Pekerja Mempertimbangkan untuk Menjadi PNS

    Alasan Pekerja Mempertimbangkan untuk Menjadi PNS

    Tahun ini, lowongan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai Kementerian dan Pemerintah Daerah terbuka lebar. Anak-anak muda pun berbondong-bondong menjajal peruntungan agar bisa diterima menjadi abdi negara. Profesi yang terkenal dengan kemapanan dan jaminan masa tua ini memang tidak pernah kehilangan pesonanya.

    Namun, daya tarik profesi PNS tidak sama dampaknya pada setiap orang. Ada juga yang masih enggan melirik kemungkinan untuk berkecimpung di dunia PNS.

    Ini 6 Alasan Kenapa Kamu Mulai Perlu Mempertimbangkan Untuk Jadi PNS

    1. Jadi PNS Itu Bisa Membuka Banyak Pintu Kesempatan Untuk Studi Di Luar Negeri

    Profesi sebagai PNS bisa jadi batu loncatan bagimu yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Kesempatan menempuh pendidikan Master dan Doktoral bagi PNS terbuka lebar. Setidaknya ada 2 skema yang menawarkan kesempatan luas bagi PNS: beasiswa instansi pemerintah dan beasiswa dari lembaga donor. Jika kamu bekerja di instansi yang terus membutuhkan peningkatan kapasitas keilmuan seperti LIPI, Kementerian PU, dan Bappenas — maka amat besar kemungkinan kamu bisa dikirim studi ke luar negeri oleh instansi tempatmu bekerja. Kamu hanya perlu jadi pegawai yang terus well-performed dan menunjukkan keinginan kuat untuk terus meningkatkan kapasitas.

    Selain kemudahan mendapatkan beasiswa dari instansi tempatmu bekerja, status sebagai PNS juga lebih “menjual” saat kamu melamar jadi aplikan sebuah beasiswa yang dananya berasal dari lembaga donor. Profesimu sebagai PNS, yang notabene punya kesempatan untuk membuat dan mengambil kebijakan, akan membuat lembaga donor memperhitungkanmu sebagai kandidat kuat yang kontribusi keilmuannya memang benar-benar bisa dilihat selepas pulang dari sekolah nanti.

    2. Kamu Hanya Perlu Bekerja, Tak Perlu Khawatir Pada Kondisi Pasar dan Kemungkinan Perampingan Karyawan

    Tidak perlu khawatir ada kebijakan perampingan pegawai jika menjadi PNS. Karena selama pemerintah RI terus ada, maka selama itulah PNS terus dibutuhkan. Kalaupun ada restrukturisasi, seperti penggabungan atau pemisahan kementerian seperti di kabinet sekarang, pegawai yang ada tetap dipertahankan atau dipindah ke lain unit. Jika kamu adalah orang yang selalu butuh kepastian (bukan cuma dari pacar), maka PNS adalah profesi yang cocok dijajal. Dalam pekerjaan yang satu ini, sekali diterima maka kamu akan terus mendapatkan pekerjaan tersebut selamanya. Kecuali dalam beberapa kondisi saat kamu melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik. Saat pegawai swasta harus ketar-ketir ketika kondisi pasar memburuk, PNS tidak perlu merasa khawatir. Selama negara ini tetap ada, PNS akan tetap dipekerjakan oleh negara — apapun kondisinya.

    3. Gaji PNS Memang Tidak Sebesar Gaji Di Sektor Swasta. Tapi Tunjangannya Lumayan, Dan Kamu Bisa Punya Waktu Untuk Berwirausaha

    Dibandingkan dengan gaji fresh-graduates di sektor swasta, gaji PNS memang tidak seberapa. Tapi jangan menyangka hidup sebagai PNS itu susah! Selain gaji pokok yang memang lebih kecil dibandingkan gaji di sektor swasta, masih ada tunjangan lain yang bisa kamu terima. Tunjangan kinerja, tunjangan makan, hingga tunjangan keluarga bisa menambah nominal yang tidak sedikit ke rekening gajimu.

    Kesempatan membuka usaha sendiri juga terbuka luas bagi PNS. Jam kerja yang jelas dan relatif lebih fleksibel bisa dimanfaatkan untuk mengurusi bisnis yang sedang kamu rintis. Tidak sedikit pula PNS yang memilih membuka bisnis yang dekat dengan kebutuhan pekerjaan mereka. Buka catering atau menawarkan jasa pembuatan seminar kit, misalnya. Saat instansi tempatmu bekerja membutuhkan konsumsi rapat dan seminar kit, kamu bisa dengan mudah menawarkan bisnismu.

    Bagi kamu yang ingin membuka usaha tapi belum sepenuhnya berani kehilangan penghasilan tetap tiap bulannya, profesi sebagai PNS adalah pekerjaan yang layak dipertimbangkan untuk dicoba.

    4. Memilih Berkarir Sebagai Abdi Negara Akan Memberimu Jenjang Karir yang Panjang dan Jelas

    Bagi kamu yang, sekali lagi, suka kepastian — berkarir sebagai PNS adalah keputusan yang tepat. Tawaran jenjang karir yang panjang dan jelas amat mungkin diberikan oleh pekerjaan ini. Saat kamu masuk sebagai PNS, eselon awalmu akan ditentukan oleh tingkat pendidikan terakhir yang kamu miliki. Secara berkala, tingkat eselon tersebut akan meningkat.

    Jika kamu berprestasi dalam pekerjaan, kemudian dipercaya menduduki jabatan fungsional atau struktural — kamu akan mendapatkan 2 keuntungan: tunjangan jabatan bertambah, sementara eselon juga terus meningkat seiring lamanya bekerja. Tak perlu khawatir mentok dalam pekerjaan. Jika kamu telah mencapai titik maksimalmu di suatu instansi, Badan Kepegawaian bisa memutasimu ke instansi lain yang membutuhkan kemampuanmu.

    5. Lewat Pekerjaan Ini, Kamu Bisa Punya Banyak Kesempatan Bertemu Orang Penting dan Jalan-Jalan Keliling Indonesia

    Status sebagai PNS muda akan membuatmu dilimpahi banyak tugas “lapangan.” Mulai dari mengatur seminar, jadi LO sebuah acara kenegaraan, sampai blusukan mencari pembicara untuk talkshow televisi yang diselenggarakan oleh instansi tempatmu bekerja. Secara otomatis, kamu juga bisa punya akses untuk bertemu orang-orang penting dari berbagai posisi.

    Selain punya kesempatan bertemu orang-orang penting dari bidangnya masing-masing, pekerjaan ini juga memberimu kesempatan untuk menjelajah Indonesia lewat perjalanan dinas. “Jadi PNS itu bukan cuma duduk di belakang meja aja. Kayak pekerjaanku sekarang di Kemendibud, aku harus keliling Indonesia buat mengimplementasikan program yang sudah kubuat.”, ujar Gentur.

    6. Jadi PNS Berarti Punya Jaminan Finansial Di Masa Tua Lewat Uang Pensiun

    Walau jumlahnya tidak besar, jaminan finansial yang didiapat lewat pensiun diakui menarik oleh Jhendra dan Gentur. Menjadi PNS membuatmu tidak lagi perlu khawatir pada kelangsungan hidup pasca purna kerja kelak. Paling tidak, setiap bulannya masih ada pemasukan yang bisa kamu terima. Walaupun gaji per-bulannya memang tidak sebesar gaji di sektor swasta, tapi jaminan masa tua yang ditawarkan oleh pekerjaan sebagai PNS memang sepadan. Negara sudah memikirkan kesejahteraanmu hingga tua kelak, kamu hanya perlu bekerja sebaik-baiknya.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: