Breaking News

    Antisipasi ubah mood dengan makanan

    Antisipasi ubah mood dengan makanan

    Tidak selamanya kita dalam kondisi prima kariers, terkadang banyak hal dan situasi yang menempatkan kita pada kondisi yang tidak baik, maka mood kita pun akan terbawa sesuai dengan kondisi yang sedang di alami. Bagaimana jika mood yang kurang baik itu terjadi disaat yang tidak tepat?

    Maka  dengan terpaksa kita harus mengantisipasi ubah mood dengan mengkonsumsi makanan berikut :

    1. Sedih, Jika membutuhkan dorongan kebahagiaan, cobalah konsumsi minyak ikan untuk meningkatkan kesehatan otak dan suasana hati. Minyak ikan tak hanya kaya dengan asam lemak Omega-3 yang membantu mengurangi depresi, perasaan negatif dan suasana hati. Namun salmon dan tuna juga merupakan sumber vitamin B12, yang membantu meningkatkan suasana hati.
    2. Takut, Banyak orang menderita fobia, mulai dari yang umum (seperti acrophobia – takut ketinggian) hingga yang khusus (seperti arachibutyrophobia – takut terhadap selai kacang). Mungkin pola makan dari para penderita fobia juga perlu diperiksa. Penelitian menunjukkan, kekurangan folat dapat menyebabkan ketakutan irasional dan kecemasan berlebihan, jadi cobalah tingkatkan asupan folat. Sama seperti memperbaiki suasana hati dengan Omega-3, dengan mengonsumsi alpukat.
    3. Marah, Ketika merasa marah, cobalah konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian untuk membantu menenangkan. Penelitian menunjukkan, Omega-3 dapat mengurangi perilaku agresif pada orang dewasa dan anak-anak dengan masalah perilaku yang parah. Sementara penelitian di Jepang menyarankan wanita yang sedang marah untuk mengonsumsi zinc. Untuk memenuhi asupan nutrisi, konsumsilah kenari dan biji rami, yang banyak mengandung zinc dan asam lemak Omega-3.
    4. Malu, Kita semua perlu meningkatkan kepercayaan diri dari waktu ke waktu, dan untungnya kita mendapatkan uluran tangan untuk mengurangi rasa malu. Peneliti di McGill University di Montreal menemukan bahwa makanan yang mengandung tryptophan (asam amino esensial) membuat orang merasa lebih percaya diri. Sumber terbaik untuk tryptophan yakni daging (terutama ayam), ikan seperti salmon dan tuna, dan kacang-kacangan.
    5. Gelisah, Jika akan menghadapi wawancara atau presentasi, cobalah ganti kopi di pagi hari (yang dapat membuat kita gelisah) dengan teh herbal. Efek chamomile yang menenangkan begitu kuat hingga dapat mengurangi gangguan kecemasan ringan hingga sedang. Jadi cobalah secangkir teh chamomile untuk membantu mengurangi kegelisahan.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: