Breaking News

    Apa itu Alter Ego?

    Apa itu Alter Ego?

    Alter Ego

    Alter ego atau dalam bahasa latinnya “Saya Yang Lain” adalah kondisi seseorang yang memiliki 2 kepribadian yang dipercaya kepribadian satu berbeda dengan kepribadian yang lainnya. Istilah gampangnya alter ego sendiri merupakan pembahasan dari ilmu psikologi yang  mana para peneliti menjelaskan adalah orang penderita alter ego adalah orang yang menjalani kehidupan ganda dalam kehidupannya.

    Ciri-ciri Alter Ego

    1. Sering berubah-ubah perilakunya
    2. Kondisi emosi cepat naik turun, terkadang senang, tak berangsur lama sedih dan sebaliknya.
    3. Penderita alter ego terkadang merasa kehilangan waktu
    4. Memiliki sifat Panik
    5. Dia tidak sadar ketika identitas alternatifnya menguasai dirinya

    Penyebab Alter Ego

    Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari alter ego itu sendiri yaitu diantaranya:

    1. Penderita alter ego trauma terhadap masa lalunya yang suram
    2. Penderita alter ego memiliki tujuan tertentu dalam hidupnya
    3. Penderita alter ego sering merasa kesepian,
    4. Sering dicuekkin, Penderita alter ego membutuhkan lawan bicara

    Cara Menyembuhkan Alter Ego

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit psikologi alter ego, diantaranya adalah:

    1. Mengontrol sifat asli untuk menghancurkan sifat-sifat alternatif
    2. Meleburkan semua identitas menjadi satu identitas, contohnya identitas A pintar matematika, identitas B pintar bahasa, identitas C pintar olahraga, maka setelah dileburkan menjadi satu maka penderita tersebut menjadi orang yang multitalenta yang bisa matematika, bahasa, dan olahraga.
    3. Untuk orang terdekat coba lebih mendekatinya lagi secara personal supaya dia tidak merasa kesepian dan penyakit alter egonya tidak kambuh.

    Ada juga alter penganiaya yang mengubah dan menyalahkan identitas asli untuk penyalahgunaan. Seringkali tuan rumah akan bertindak atas pesan-pesan negatif dan menyakiti diri sendiri atau bahkan mencoba bunuh diri.

    Tentukan tujuan alter ego Anda. 

    Mengapa Anda menciptakan seorang alter ego? Tujuan apa yang ingin Anda capai? Apakah Anda menciptakan alter ego untuk bersenang-senang atau untuk tujuan yang serius? Jawaban pertanyaan-pertanyaan ini akan mempengaruhi keputusan Anda dalam membuat alter ego. Contohnya, bila Anda mencoba membuat nom de plume (alias) identitas Anda tidak tampil pada hasil karya seni yang akan dianggap kontroversial, Anda mungkin perlu menciptakan nama palsu saja. Namun, bila Anda seorang musisi Anda Anda ingin memperluas kreatifitas Anda dengan mengadopsi persona baru yang mengejutkan, Anda mungkin perlu membuat cerita dan kepribadian detil untuk karakter Anda. Bandingkan ambisi Anda pada tujuan Anda saat membuat alter ego.

    Umumnya, tidak ada alter ego yang direncanakan terlalu berlebihan. Selama Anda tidak mengaburkan garis mental antara alter ego dan diri Anda yang sebenarnya, Anda bebas untuk menciptakan alter ego sedetil yang Anda rasa cocok.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: