Breaking News

    Apa Itu Board of Commisionners?

    Apa Itu Board of Commisionners?

    Jika sebelumnya kita membahas istilah Board of Directors dalam sebuah perusahaan, maka ada juga istilah Board of commisioners.

    Apa itu? Jika dilihat dari istilah inggrisnya, board of commisionners memiliki arti yang sama dengan dewan komisaris. Sudah jelas bahwa dewan komisaris atau board of commisioners memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan.

    Menurut Egon Zehnder, dewan komisaris merupakan inti dari corporate governance—yang memiliki tugas untuk menjamin pelaksanaan strategi perusahaan, mengawasi manajemen dalam mengelola perusahaan, serta mewajibkan terlaksananya akuntabilitas. Dewan komisaris merupakan sebuah dewan yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada direktur perusahaan.

    Di dalam (Pasal 114 ayat (3) UU PT) ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh dewan komisaris, yaitu:

    1. Melakukan pengawasan dengan itikad yang baik dan jehati-hatian untuk kepentingan perusahaan dan sesuai dengan maksud dan tujuan perusahaan.
    2. Tidak memiliki kepentingan pribadi baik langsung maupun tidak langsung atas tindakan pengurusan direksi yang mengakibatkan kerugian.
    3. Telah memberikan nasihat kepada direksi untuk mencegah timbul atau berlanjutnya kerugian tersebut.

    Karena pada dasarnya sebuah bisnis memang memiliki konsekuensinya masing-masing, dan disini sangat diperlukan peran dewan komisaris didalam sebuah perusahaan. Dewan komisaris jugalah yang menjadi pusat ketahanan daan kesuksesan sebuah perusahaan.

    Jadi bagaimana? Sudah adakah Dewan komisaris di perusahaan anda? Atau anda adalah seorang Board of Commisioners di perusahaan anda?

    Sumber:
    Blog.smartcolaw.com/tugas-dan-tanggung-jawab-dewan-komisaris-dalam-perseroan-terbatas/
    http://farizadlanblog.wordpress.com

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: