Breaking News

    Apa itu Change Management Awareness?

    Apa itu Change Management Awareness?

    Change management atau manajemen perubahan adalah suatu bentuk disiplin yang memastikan organisasi dan karyawan memenuhi target kinerja baru dan yang ada dengan cepat dan efektif. Kapan suatu perusahaan atau organisasi membutuhkan manajemen perubahan ini? Bagaimana langkah-langkah menuju manajemen perubahan yang baik tersebut? Mari kita ulas bersama.

    Setiap perusahaan memiliki kebutuhan dan tuntutan yang berbeda. Hal ini yang membuat kebutuhan untuk perubahan pun bermacam-macam. Tetapi secara umum alasan sebuah perusahaan membutuhkan perubahan adalah:

    1. Urgensi/kepentingan suatu perusahaan yang hanya bisa tercapai jika perusahaan tersebut melakukan perubahan
    2. Menghindari situasi buruk/resiko, suatu perusahaan perlu melakukan perubahan dalam rangka menghindari perusahaan dari hal-hal yang bisa merugikan perusahaan
    3. Menghadapi tantangan baru, bisa berupa perkembangan zaman atau perubahan sistem di luar perusahaan yang mempengaruhi keberlangsungan perusahaan (kebijakan baru pemerintah)

    Selain itu, faktor pendukung suatu perusahaan untuk melakukan perubahan ada 2, yaitu factor eksternal dan internal.

    Faktor eksternal misalnya perkembangan teknologi, perubahan kebijakan pemerintah, perkembangan tren masyarakat, persaingan ketat, kenaikan harga, dan faktor-faktor lain yang berasal dari luar perusahaan.

    Faktor internal misalnya perubahan struktur manajemen perusahaan, pembentukan cabang baru, sentralisasi perusahaan, strategi bisnis baru, dan faktor-faktor lain yang berasal dari dalam perusahaan.

    Terdapat 4 hal yang biasanya dilakukan perubahan, yaitu people (orang/karyawan), strategi manajemen, proses bisnis, dan teknologi.

    Berikut adalah proses manajemen perubahan di perusahaan.

    1. Dimulai dengan kesadaran (awareness) dari perusahaan untuk melakukan perubahan.
    2. Dilanjutkan dengan pencarian informasi mengenai hal-hal yang menunjang perubahan (counsel). Setelah mendapatkan informasi yang cukup, perusahaan akan membuat perencanaan dari manajemen perubahan tersebut dengan membuat konsepnya (mental layout).
    3. Jika perencanaan sudah matang, maka bentuk manajemen perubahan bisa berupa pelatihan, edukasi, atau workshop (hands-on trial) untuk meningkatkan kemampuan karyawan sesuai kebutuhan perusahaan.
    4. Ketika pelatihan sudah berjalan, hal yang selanjutnya perlu dilakukan perusahaan adalah melakukan pengawasan guna mendukung implementasi (support) dari hasil pelatihan tersebut dan melakukan evaluasi apakah pelatihan sudah menunjang perubahan yang dibutuhkan perusahaan.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: