Breaking News

    Apa itu Employee Branding?

    Apa itu Employee Branding?

    Menurut Miles & Mangold, employee branding atau branding karyawan dapat didefinisikan sebagai proses dimana karyawan menginternalisasi citra perusahaan yang diinginkan dan termotivasi untuk memproyeksikan citra tersebut kepada konstituen organisasi lainnya (Miles & Mangold). Dengan kata lain, branding karyawan adalah bentuk branding yang dilakukan tanpa usaha yang disadari oleh karyawan tentang organisasi atau perusahaan tempat mereka bekerja. Ini hanya bisa dilakukan ketika seorang karyawan dapat merasakan perasaan solid dengan perusahaan. Ini adalah tindakan menyelaraskan perilaku karyawan dan perspektif mereka tentang organisasi atau perusahaan mencerminkan citra perusahaan itu sendiri. Ini adalah praktik, di mana setiap karyawan berfungsi sebagai brand ambassaador organisasi dan barang-barangnya.

    Karyawan yang sudah menginternalisasi nilai perusahaan akan melihat perusahaan dengan cara yang perusahaan inginkan ketika orang lain melihat perusahaan. Sangatlah penting di sini untuk menghapus perbedaan antara branding pemberi kerja (employer branding) dan branding karyawan (employee branding), banyak perusahaan yang belum berjuang keras untuk membangun branding karyawan dalam arti sebenarnya, dan memahami perbedaan antara keduanya. Ini adalah bukti bahwa ketika atribut diinternalisasi, mereka diekspresikan melalui perilaku karyawan.

    Hal yang bisa dilakukan untuk membangun employee branding adalah:

    1. Mendidik karyawan tentang detail organisasi (nilai, misi, visi, produk, layanan) –
    2. Menyelaraskan harapan karyawan dengan perusahaan, penyelarasan ini akan membantu karyawan dalam membangun perasaan dengan perusahaan.
    3. Berbagi umpan balik yang konstan – Ini harus dilakukan dari kedua pihak, karyawan dan atasan tentang perusahaan untuk memastikan keduanya berada pada standpoint yang sama
    4. Membangun komunikasi yang baik dengan karyawan

    Singkatnya, Employee Branding adalah semua tentang mengubah setiap karyawan menjadi brand ambassador perusahaan yang akan melakukan branding secara natural tanpa disadari.


    sumber:
    https://www.linkedin.com/pulse/employer-branding-vs-employee-akriti-chauhan

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: