Breaking News

    Apa itu Employer Branding?

    Apa itu Employer Branding?

    Employer Branding adalah kemampuan perusahaan untuk mempromosikan perusahaannya (menunjukan citra perusahaan yang baik) kepada calon kandidat karyawan agar tertarik untuk melamar kerja ke perusahaan tersebut. Menurut William Tincup, employer branding adalah mengeluarkan “aroma” perusahaan yang unik. Hal tersebut berkaitan dengan segala hal yang dimiliki perusahaan yang bisa membuatnya berbeda dan menonjol diantara ratusan perusahaan lainnya.

    Mengapa akhirnya employer branding ini dirasa penting? Nyatanya saat ini merekrut karyawan bukan lagi hal yang mudah, melainkan sesuatu yang sangat kompetitif. Oleh karena itu perusahaan perlu membuat strategi untuk membuat perusahaannya menonjol dan menarik kandidat potensial untuk melamar ke perusahaan tersebut.

    Lalu bagaimana caranya membangun employer branding yang baik? Beberapa hal yang bisa dicoba untuk membuat perusahaan menunjukan citra yang baik:

    1. Career Site

    Apapun yang kandidat temukan dari profil perusahaan di situs-situs karir, berpengaruh pad acara kandidat melihat perusahaan. Berikan penjabaran yang jelas mengapa kandidat harus bekerja di perusahaan tersebut, misalnya dari segi kebijakan yang berbeda, program kerja, keuntungan dan penghargaan yang akan didapat karyawan. Selain itu, jabarkan dengan jelas penjelasan mengenai jobdesc yang jelas yang menunjukan bahwa karyawan akan bekerja di atas landasan yang JELAS ketika bekerja di perusahaan tersebut. Jika perlu, cantumkan testimoni atau kesan pesan karyawan yang pernah atau sedang bekerja di perusahaan tersebut untuk menambah nilai positifnya.

    2. Social Media

    Tidak bisa dipungkiri bahwa kini media sosial menjadi platform dengan jumlah pengguna yang sangat besar dari segala usia, termasuk usia produktif untuk bekerja. Salah satu pengguna media sosial mungkin menjadi kandidat potensial bagi perusahaan. Kenyataannya, para pencari kerja mengakui bahwa kini mereka menjadinya media sosial sebagai alat utama mereka dalam mencari lowongan pekerjaan. Para karyawan yang sudah memiliki pekerjaan pun kebanyakan mengakui bahwa mereka menemukan lowongan tersebut dari internet. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk aktif di media sosial yang juga bisa menjadi “jendela” bagi para pencari kerja yang tertarik untuk bekerja di perusahaann tersebut.

    3. Employee Advocation (Pembelaan Karyawan)

    Hal lain yang bisa digunakan dalam membangun brand perusahaan adalah dengan memanfaatkan karyawan yang sedang bekerja di perusahaan tersebut. Nyatanya, para pencari kerja sering kali merefleksikan segala hal tentang perusahaan dari karyawannya. Jika karyawannya terlihat sejahtera dan memiliki nilai positif terhadap perusahaan, maka para pencari karyawan akan tertarik untuk ikut bekerja di sana. Secara tidak langsung, bagaimana karyawan melihat perusahaan, akan menjadi “jendela” bagi kandidat untuk melihat keadaan sesungguhnya dari perusahaan. Hal ini berkaitan dengan employee branding yang akan dibahas di artikel selanjutnya.

     

    sumber:
    https://blog.beamery.com/employer-branding/

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: