Breaking News

    Apa itu Gaya Pengasuhan Otoriter?

    Apa itu Gaya Pengasuhan Otoriter?

    Gaya pengasuhan Anda dapat mempengaruhi seberapa besar anak Anda menilai dirinya sendiri. jadi penting untuk memastikan gaya pengasuhan Anda mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat bagi anak Anda.

    Ada beberapa jenis gaya pengasuhan. Setiap gaya memiliki peran berbeda tentang peran orang tua dalam kehidupan anak-anaknya. Artikel kali ini akan membahas tentang gaya pengasuhan otoriter.

    Apa itu gaya pengasuhan otoriter?

    Apakah salah satu dari pernyataan ini terdengar seperti sangat Anda?

    1. Anda yakin anak-anak harus “melihat,” bukan didengar.

    2. Jika menyangkut peraturan, Anda yakin ini adalah “jalan saya, dan Anda hatus ikuti aturan saya.”

    3. Anda tidak mempertimbangkan perasaan anak Anda.

    Jika satu dari ketiga pernyataan tersebut ada yang “sangat Anda sekali,” Anda mungkin orang tua yang otoriter. Orang tua otoriter percaya anak-anak harus mengikuti peraturan tanpa terkecuali. Orang tua otoriter juga tidak membiarkan anak-anak terlibat dalam tantangan atau hambatan dalam memecahkan masalah. Sebaliknya, mereka membuat peraturan dan menegakkan konsekuensinya dengan sedikit memperhatikan pendapat anak.

    Orang tua otoriter terkenal selalu mengatakan, “Karena saya bilang begitu,” ketika seorang anak mempertanyakan alasan di balik peraturan. Mereka tidak tertarik untuk bernegosiasi dan fokus mereka adalah pada ketaatan. Orang tua yang otoriter biasa menggunakan hukuman dengan tujuan agar disiplin. Jadi daripada mengajari anak bagaimana membuat pilihan yang lebih baik, mereka sering berfokus untuk membuat anak menderita karena kesalahannya.

    Anak-anak yang tumbuh dengan orang tua yang sangat otoriter cenderung selalu taat pada peraturan. Anak-anak dari orang tua yang otoriter bisa bersikap bermusuhan atau agresif. Studi menunjukkan bahwa mereka mungkin juga menjadi pembohong yang baik, karena mereka dapat tumbuh terkondisi untuk berbohong dalam tujuan untuk menghindari hukuman.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: