Breaking News

    Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

    Apa itu Startup dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia?

    Apa itu Startup?

    Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.

    Ada informasi mengenai karakteristik dari sebuah perusahaan yang dapat digolongkan sebuah startup. Beberapa karakteristik perusahaan Startup tersebut diantaranya:

    • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
    • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
    • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
    • Masih dalam tahap berkembang
    • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
    • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
    • Biasanya beroperasi melalui website

    Dari karakteristik tersebut mungkin nampak bahwa stratup lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan web. Namun faktanya memang seperti itu, kini perkembangan perusahaan yang lazim dilabeli nama Startup adalah perusahaan yang berkenaan dengan dunia tekno dan online.

    Bagaimana Perkembangan Startup di Indonesia

    Perkembangan Startup di Indonesia bisa dikatakan cukup pesat. Setiap tahun bahkan setiap bulan banyak founder (pemilik) Startup baru bermunculan. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

    Berdasarkan beberapa riset, pada tahun 2013 saja diperkirakan pengguna internet di Indonesia mencapai 70 juta orang, bisa dibayangkan berapa jumlah user internet Indonesia beberapa tahun kedepan. Selain itu daya beli masyarakat yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat negeri ini ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

    Hal yang paling utama untuk mendirikan Startup adalah tim yang solid, karena dengan adanya tim yang solid bisa memunculkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif. Dengan ide dan eksekusi yang tepat, tentunya para founder tidak akan kesulitan menarik minat masyarakat maupun mencari investor.

    Startup-Startup lokal yang kini sudah mencetak sukses di dunia maya diantaranya Kaskus dan Urbanesia. Semoga Startup lokal Indonesia bisa terus bertambah dan berkembang sehingga bisa merambah pengguna internet internasional seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

     

    Sumber:
    Maxmanroe.com

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: