Breaking News

    Apa Kaitannya Kerjasama dengan OCB?

    Apa Kaitannya Kerjasama dengan OCB?

    Yap. Kerjasama merupakan momok dalam sebuah organisasi. Meskipun setiap karyawan telah ditumpahi bentuk pekerjaan yang berbeda-beda, namun tetap saja semua membutuhkan kerjasama. Kerjasama merupakan tindakan-tindakan di dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih agar bisa mencapai tujuan serta demi keuntungan bersama. Di setiap perusahaan atau organisasi kerjasama sangat dibutuhkan demi mencapai tujuan yang sama secara bersama-sama. Dengan kerjasama pun akan menumbuhkan motivasi dari masing-masing individu. Kerjasama merupakan hal positif untuk sebuah organisasi juga untuk individu dalam membentuk OCB. Adanya kerjasama antar karyawan akan menciptakan budaya dimana perilaku yang berorientasi pada diri sendiri akan berkurang dan berubah menjadi berorientasi kepada tugas sebuah organisasi.

    Kerjasama itu sendiri dapat dikatakan sebagai bentuk interaksi sosial dengan tujuan anggota kelompok yang satu berkaitan dengan tujuan anggota lain. Keberhasilan tim tentu menjadi sebuah harapan bagi para karyawan—serta bagi organisasi nya sendiri. Dan dalam hal kerja sama pun, atasan memegang kendali dan berperan penting didalamnya.

    Kerjasama adalah komposisi awal dalam pembentukan perilaku OCB, kenapa? Karena awal mula metode yang akan dipakai untuk OCB adalah kerjasama. Meskipun OCB lahir dari nurani individu masing-masing, namun lambat laun akan timbul pula sebuah sikap untuk mencapai tujuan organisasi secara bersamaan. Didalam sebuah organisasi yang berorientasi pada bisnis tentu karyawan menjadi kunci atas berkembang atau tidaknya sebuah organisasi itu. Karyawan merupakan sumber daya sebuah organisasi yang tenaga, pemikiran, dan kreatifitasannya sangat dibutuhkan oleh organisasi. Inilah mengapa karyawan merupakan salah satu penentu  keberhasilan pada sebuah organisasi.

    Manfaat yang akan didapatkan dari kerjasama pun sangat banyak—bukan saja untuk organisasi nya tetapi juga untuk masing-masing karyawan. Membiasakan untuk bekerja sama akan membuat diri semakin mengerti betapa pentingnya sebuah toleransi dalam pekerjaan, juga menumbuhkan sikap untuk saling mendengar dari masing-masing pendapat—tidak saling mendominasi dan memburu keunggulan. Menjadi faham betapa  interaksi pun merupakan kunci sukses nya sebuah kerjasama, dan terjadinya keterbukaan—yang akan berdampak baik pada proses kerja juga pada organisasi yang bersangkutan. Keterbukaan itu perlu agar masing-masing bisa saling memahami dan mengerti iklim dan budaya seperti apa yang dibutuhkan—hal ini membuat kinerja bekerja pun semakin  asyik tanpa adanya tekanna-tekanan.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: