Breaking News

    Apa yang imaksud dengan coaching?

    Apa yang imaksud dengan coaching?

    Apa yang dimaksud dengan coaching? Coaching adalah  kegiatan atau metode yang berguna untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan, dan meningkatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) untuk menemukan jawaban atas berbagai tantangan yang dihadapi oleh manusia. Jadi, coaching yang kita maksud disini bukanlah cara untuk mengajari apalagi memberikan instruksi. Maka coaching bukanlah training yang umumnya berbentuk kelas, coaching bukan mentoring, bukan pula terapi atau konseling. Coaching lebih menjurus kepada memfasilitasi melalui bertanya, memberikan feedback dan berperan sebagai ahli.

    Coaching biasanya melatih seseorang untuk mengelola cara kerja otaknya sehingga mampu menghasilkan performa yang lebih baik, mampu menjadi pemimpin bagi diri sendiri, mampu menjadi manusia pembelajar, mampu menyesuaikan dengan kondisi sekarang untuk terus berkembang dan tumbuh, serta mampu mengaktualisasikan ide dan pemikirannya sehingga orang tersebut bisa mengandalkan diri sendiri untuk menghasilkan keputusan dan tindakan yang “lebih” baik lagi. 

    Coaching sangatlah berperan dalam perusahaan. Berikut beberapa alasannya:

    1. Meningkatan motivasi karyawan. Dengan meningkatnya motivasi karyawan, maka akan berdampak kepada peningkatan produktivitas kerja.
    2. Meningkatkan performa individu dan tim. Dengan melakukan coaching, karyawan akan menjadi pribadi yang lebih kreatif sehingga mampu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Coaching juga dapat meningkatkan team work.
    3. Membuat hubungan lebih harmonis. Dengan melakukan coaching, maka karyawan akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan mampu menjadi inspirasi bagi lingkungannya sehingga mampu meningkatkan kualitas hubungan antar karyawan.
    4. Lompatan bisnis. Dengan meningkatnya kinerja karyawan serta hubungan antar karyawan berjalan dengan baik, maka dapat berdampak kepada hasil yang luar biasa bagi perusahan seperti meningkatnya omzet penjualan.

    Ada 3 tipe coaching secara umum, yaitu:

    1. The Movement Enthusiast, tipe lebih menyukai coaching yang bergerak, selalu energik dan antusias. Tipe ini biasa berupa pelatihan bootcamp dengan jumlah peserta yang banyak. Tipe ini efisien untuk melatih team work dari suatu perusahaan.
    2. The Verbal Scientist, tipe ini lebih mendalami teori pelatihan. Tipe ini lebih mendalami pamahaman terhadap teori yang ingin ditingkatkan oleh perusahaan. Tipe ini lebih mengutamakan komunikasi dengan klien secara personal dan efektif untuk meningkatkan keterampilan klien tersebut.
    3. The Quiet General, tipe ini merupakan tie coaching yang paling teknis dari yang lain tetapi tidak komunikatif. Hal ini karena tipe ini lebih melihat bagaimana karyawan/klien bekerja secara teknis dan kemudian mengelompokkannya sesuai hasil kinerja mereka dimana mereka dapat bekerja secara efektif.

    Dari uraian diatas dapat dilihat bahwa coaching sangat berguna bagi perusahaan dan tipe coaching yang baik diterapkan oleh perusahaan harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri.

     

    Sumber:

    www.ypsi.de

    www.adrianluis.com/coaching/

    www.vanaya.co.id/artikel/

    www.muvtimanagement.com/

    www.proactivemanagement.co.id/articles/

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: