Breaking News

    Asosiasi Psikologi Sekolah Indonesia

    Asosiasi Psikologi Sekolah Indonesia

    Asosiasi Psikologi Sekolah Indonesia yang disingkat APSI adalah organisasi profesi psikologi yang menangani masalah-masalah psikologis siswa dalam hubungannya dengan orangtua, lingkungan sekolah dan masyarakat.
    APSI berdiri tanggal 17 Desember 2003 di Jakarta, dan dikukuhkan serta disosialisasikan tanggal 16 Januari 2004 dalam Konggres Himpsi IX di Surabaya. APSI bertujuan untuk menyumbangkan keahlian sebagai psikolog sekolah dan mengembangkan kualitas psikolog sekolah dalam upaya untuk peningkatan kompetensinya. APSI bermaksud menjalin kerja sama dengan pihak-pihak organisasi profesi dan lembaga-lembaga terkait baik secara individual maupun kelembagaan dalam upaya keterpaduan penanganan masalah-masalah psikologis siswa.

    Visi APSI sendiri yaitu ” Menjadi asosiasi profesi psikologi sekolah di Indonesia yang andal, dapat dipercaya dan mampu memberikan nilai tambah bagi segenap anggotanya maupun masyarakat; dalam meningkatkan kesehatan mental dan kompetensi bagi semua siswa sekolah”

    Psikolog sekolah adalah psikolog yang memberikan pelayanan psikologi untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah dengan mempertimbangkan/ mengikutsertakan interaksi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Psikolog sekolah berfungsi untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat secara psikologik untuk semua anak dengan menerapkan hasil-hasil penelitian, program-program yang efektif untuk mencegah dan mengatasi masalah, meningkatkan kemandirian, dan mencapai proses belajar yang optimal.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: