Breaking News

    Bagaimana Cara Big Data Membantu Marketing?

    Bagaimana Cara Big Data Membantu Marketing?

    Big Data merupakan kunci dalam kemajuan dunia saat ini. Big Data dapat mengubah kehidupan menjadi lebih baik. Dunia marketing pun sudah menggunakan Big Data dalam mengetahui prospek pelanggan masa depan dengan menyesuaikan cara pemasaran produk yang dihasilkan. Melalui Big Data, marketing memperoleh pemahaman tentang perilaku pelanggan / konsumen sehingga dapat membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan.

    Berikut ada 5 cara Big Data membantu marketing:

    1. Dengan bantuan Big Data, pihak marketing bisa menargetkan iklan sebuah produk. Hal ini bisa dilakukan karena, terdapatnya data tentang pengunjung / pelanggan sehingga dapat dianalisis pola perilaku mereka untuk menentukan target iklan yang tepat.

    2. Big Data juga dapat membantu dalam Sematic Search. Sematic Search aalah proses pencarian kata kunci yang sering digunakan. Data dalam Big Data memudahkan mesin pencari untuk menelusuri serta memahami apa yang dicari pelanggan sehingga pelanggan dimudahkan dalam pencarian barang yang dibutuhkan yang akhirnya berdampak pada peningkatan penjualan.

    3. Big Data bisa membuat konten pemasaran menjadi lebih relevan terhadap pelanggan. Big Data bisa dengan mudah menentukan konten mana yang lebih disukai oleh pelanggan.

    4. Dengan terkumpulnya data yang besar, maka jika kita melakukan suatu analisis akan memungkin kita menerima hasil yang meyakinkan karena menggunakan algoritma yang kompleks untuk memberikan hasil yang lebih akurat. Marketing akan menerima wawasan yang lebih baik untuk menyesuaikan pemasaran terhadap pelanggan yang berbeda-beda.

    5. Pengguna mesin untuk mengolah data dalam jumlah besar sangat diperlukan, tetapi proses pengolahan data menggunakan mesin tetap harus diawasi oleh manusia apalagi dalam pengolahan data yang rumit. Tidak ada manusia yang dapat mengolah Big Data tanpa bantuan mesin dan begitu sebaliknya, tidak ada mesin yang dapat bekerja dengan baik tanpa pengaturan dari manusia.

     

    Karena perkembangan teknologi terus membaik, dan data semakin banyak tersedia untuk dipelajari sehingga kita peru memaksimalkan potensi untuk memperoleh hasil yang baik. Penyimpanan data pada masing-masing perusahaan sangatlah penting sebagai upaya pemasaran mereka sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal serta dapat berkompetisi dengan perusahaan lain. Untuk itu penting bagi perusahaan untuk membenahi lagi pengumpulan data mereka agar bisa digunakan dikemudian hari.
    Sumber:

    www.inc.com/james-paine/

    www.superant.co.id/products/

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: