Breaking News

    Bagaimana Cara Melakukan Market Research?

    Bagaimana Cara Melakukan Market Research?

    Riset pasar merupakan teknik yang digunakan oleh calon pengusaha dan pengusaha yang ingin berkembang untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi berguna tentang pasar bisnis mereka. Riset pasar digunakan untuk mengembangkan strategi efektif, menimbang keputusan pro dan kontra, menentukan tujuan bisnis untuk masa depan, dan banyak lagi. Maka daripada itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara melakukan Market Research. Berikut 4 langkah melakukan Market Research:

    1. Merencanakan Market Research –>Mengembangkan pendekatan yang akan digunakan untuk memecahkan masalah yang diteliti dengan membuat disain riset. Desain riset akan menggambarkan perencanaan yang akan dilakukan dalam penelitian dan mengacu pada masalah yang telah ditetapkan sebelumnya. Terdapat tiga jenis desain riset, yaitu:
    a. Eksploratori: tujuan utama riset adalah untuk memperoleh pandangan yang mendalam dan menyeluruh mengenai masalah yang sebenarnya dihadapi perusahaan.
    b. Deskriptif: tujuan utama riset adalah untuk menggambarkan sesuatu
    c. Kausal: tujuan utama riset adalah untuk membuktikan hubungan sebab akibat atau hubungan mempengaruhi dan dipengaruhi dari variabel-variabel yang diteliti.

    2. Mengumpulkan data –> Pengumpulan data di lapangan digunakan sebagai bukti empiris jawaban-jawaban masalah. Beberapa cara pengumpulan data di lapangan dapat dilakukan, antara lain dengan:
    a. Kuesioner.
    b. Group Fokus. Pengumpulan data dilakukan dengan membentuk grup kecil konsumen yang dikumpulkan dibawah arahan seorang moderator, sementara para peneliti merekam dan mencatat pengamatan mereka atas respon, reaksi, dan komentar pelanggan.
    c. Survey.
    Teknik pengumpulan data dipilih disesuaikan dengan jenis data yang ingin dikumpulkan. Terdapat dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.

    3. Menganalisis informasi –> mengolah data yang sudah terkumpul menggunakan berbagai alat analisis seperti analisis statistic, analisis konsumen dan lain sebagainya untuk isa mendapatkan hasil yang dibutuhkan.

    4. Menginterpretasikan hasil analisis –> membuat laporan hasil analisis agar bisa dijadikan sebagai acuan untuk membuat keputusan mengenai solusi dari dari permasalahan yang terjadi.

    Sumber:
    https://id.wikihow.com/
    https://inisekarayu.blogspot.co.id/

    Site-Wide Activity

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: