Breaking News

    Benarkah Olahraga Mempengaruhi Memori Manusia?

    Benarkah Olahraga Mempengaruhi Memori Manusia?

    Psikolovers, rutinkah kalian melakukan olah raga? Tahukah kalian, dengan melakukan olah raga secara rutin bisa meningkatkan kinerja otak khususnya memori? Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of British Columbia, aktif secara disik ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak. selain itu, penelitian di Donders Institute, Radbound University Medical Center, Belanda menemukan bahwa orang dewasa yang berolahraga selama 4 jam setelah belajar memiliki memori lebih baik. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa melakukan latihan fisik seperti aerobik secara intens bisa membantu pemperbaiki memori dan kemampuan berpikir. Dalam penelitian ini, responden yang semuanya merupakan dewasa muda sehat menjalani olah raga intensif selama enam minggu. Hasilnya, para responden menunjukkan adanya peningkatan ynag signifikan dalam memorinya.

    Penelitian lain menunjukkan bahwa olah raga fisik mampu mengubah otak untuk mendukung kognisi pada otak. olah raga akan memperibaiki kemampuan ingatan interferensi yang tinggi. Penelitian ini memiliki implikasi yang kuat bagi orang-orang yang menderita gangguan ingatan seperti demensia dan alzheimer.

    Penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti dari National Institute on Aging di AS membuktikan bagaimana olah raga dapat meningkatkan memori otak. peneliti menemukan bahwa olah raga mampu memicu produksi protein cathepsin B yang dapat mningkatkan pertumbuhan sel saraf di otak. kadar protein tersebut meningkat ketika seseorang berolah raga. Protein tersebut dapat disekresikan oleh jaringan otot, kemudian dikirim ke otak. Manfaat itu akan didapat didapat jika melakukan olah raga secara rutin. Seseorang yang konsisten melakukan olah raga selama empat bulan memiliki hasil tes memori yang lebih baik. Menurut Praag, salah satu penelitinya, durasi olah raga tidaklah terlalu penting, yang penting konsisten dalam melakukannya.olah raga bisa dimulai dengan intensitas ringan, kemudian ditingkatkan secara bertahap.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: