Breaking News

    Berbagi di Bulan Ramadhan

    Berbagi di Bulan Ramadhan

    Di setiap bulan Ramadhan kesukacitaan masyarakat untuk membantu dan memperhatikan mereka yang membutuhkan pertolongan serasa meningkat di berbagai kalangan. Orang-orang kaya menyisihkan sebagian hartanya untuk mereka yang membutuhkan. Tampak jelas nyata bahwa Ramadhan ikut meningkatkan kepedulian sosial.

    Momen Ramadhan memang sering dimanfaatkan banyak kalangan untuk bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitarnya. Bisa juga mencari tempat panti asuhan atau rumah singgah untuk dijadikan tempat buka puasa bersama sehingga interaksi sosial pun tak hanya dengan keluarga aau teman-teman sendiri namun bersama semua saudara yang kurang beruntung. Dari kegiatan-kegiatan diatas, juga menjadi renungan diri yang menjadikan kita lebih bersyukur dan punya rasa lega setelah berbagi.

    Berbagi juga punya manfaat lain. Sebuah studi dari University of Zurich Department of Economics pada Juli 2017 menemukan bahwa bersedekah ternyata memunculkan rasa bahagia di otak kita. Dalam penelitian ini, kelompok yang ditugaskan untuk bersedekah memperlihatkan aktivitas otak yang jauh lebih positif dan bahagia, ketimbang mereka yang menggunakan uang untuk kebutuhan diri sendiri.

    Semoga melalui bulan Ramadhan, kita bisa lebih meningkatkan gerakan peduli sesama demi kemanusiaan; membantu mereka yang mempunyai keterbatasan dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan asasinya, seperti halnya apabila terdapat bencana atau kerawanan. Hanya dengan itulah manisnya bulan suci Ramadhan terasa jelas di bumi ini.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: