Breaking News

    Berpikir Optimis

    Berpikir Optimis

    Psikolog Martin Seligman percaya bahwa manusia dapat belajar bagaimana berpikir secara optimis. Hal itu dimulai dengan mengajari diri sendiri untuk terus memikirkan hal yang spesifik, daripada yang umum—bagaimana kekhawatiran atau ketakutan kamu menjadi gambaran lebih besar dalam hidup, dan bukannya menjadikan kehidupan kamu yang lebih besar—karena hidup kamu, jauh lebih besar daripada kekhawatiran, ketakutan, atau kecemasan yang akan terjadi.

    Dengan menciptakan strategi berpikir yang menjelaskan masalah atau persoalan, kamu dapat membuat rencana untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik. Dengan kata lain, re-personalize masalah tersebut; atur diri kamu sehingga kamu dapat melakukan sesuatu untuk mengubah situasi, daripada menjadi bagian dari masalah, di mana kamu mungkin merasa tidak berdaya untuk mengendalikan situasi. Pikirkan situasi atau masalah tersebut sebagai sesuatu yang sementara dan dapat berubah, daripada berpikir bahwa masalah tersebut jangka panjang atau permanen. Dengan begitu, ia bisa berubah.

    Membuat model berpikir yang menempatkan hasil dalam kendali diri kamu memungkinkan kamu untuk mengelola situasi. Bahkan mengambil langkah-langkah kecil dapat menuntunmu menuju solusi yang membangun, daripada merasa kewalahan, dikalahkan, dan mandek.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: