Breaking News

    Bisnis Startup yang Sukses di Indonesia

    Bisnis Startup yang Sukses di Indonesia

    Dewasa ini, teknologi sudah sangat berkembang dan bervariasi, kita ada di zaman dimana teknologi sedang menjadi primadona di kehidupan masyarakat. Dimana semua sangat dipermudah dengan hadirnya teknologi. Dan hal ini dimanfaatkan oleh para generasi milenial untuk menjadi lahan bisnis dalam mempertaruhkan nasib dengan membangun bisnis berbasis teknologi atau yang sudah familiar dengan sebutan startup.

    Dilansir dari Good News From Indonesia jumlah startup yang ada di Indonesia mencapai lebih dari 1000 startup, hal ini pula yang membuat Indonesia dikenal sebagai negara dengan potensi ekonomi digital terbesar di dunia. Bahkan berdasarkan data yang dimiliki StartupRanking, Indonesia ditempatkan sebagai negara ketiga di dunia yang memiliki jumlah startup terbanyak di bawah Amerika Serikat dan India.

    Melihat hal ini, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki eksistensi nya di kancah teknologi digital. Bahkan menurut StartupRanking Tokopedia menempati rangking pertama di Indonesia. Kemudian disusul oleh Bukalapak, Blibli dan Traveloka. Secara mengejutkan, startup Unicorn pertama di Indonesia Go-Jek menempati peringkat 12 di Indonesia dalam daftar ini.

    Dengan berkembangnya bisnis startup di Indonesia ini akan mampu menarik minat pemodal untuk bisa berinvestasi atau menanam modal pada bisnis startup ini, karena eksistensi startup-startup yang berada di Indonesia sudah tidak bisa diragukan lagi dan sudah menyentuh keseharian dari segala kegiatan masyarakat saat ini.

    Betul? Lalu, bisnis startup apa saja sih di Indonesia yang sukses? Dan banyak diakses orang-orang?

    Berikut beberapa bisnis startup di Indonesia yang sukses:

    1. Tokopedia

    Siapa sih masyarakat Indonesia yang tidak kenal dengan Tokopedia? Apalagi sikap konsumtif masyarakat Indonesia ini dimanfaatkan oleh Tokopedia untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perbelanjaan. Tokopedia merupakan situs belanja online yang dirilis tahun 2009. Perusahaan ini didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison ini menjadi perusahaan startup Indonesia dan Asia Tenggara pertama yang mendapatkan pendanaan sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc. (SIMI).  Fasilitas dan fitur yang ditawarkan Tokopedia ini pun sangat memudahkan penggunanya sehingga tokopedia banyak diminati oleh masyarakat.

    2. G0-JEK

    Startup satu ini pasti sudah sangat tidak asing bagi masyarakat Indonesia, keberadaannya sudah berada di hampir setiap kota di Indonesia. GO-JEK merupakan perusahaan teknologi yang fokus dalam melayani angkutan melalui jasa ojek. Atau bisa saja disebut dengan ojek-online walaupun didalamnya terdapat fitur lainnya selain ojek. GO-JEK sudah berkiprah di Indonesia sekitar tahun 2010. Adanya GO-JEK pun memang sangat memudahkan segala aktifitas masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari. Dan aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 10 Juta kali di playstore.

    3. Traveloka

    Kepentingan-kepentingan dalam hidup memang  beragam, dan masa kini hal itu seolah terasa mudah dan praktis dengan hadirnya startup yang memiliki fokus bisnisnya masing-masing. Dan Traveloka hadir sebagai bisnis startup yang membantu serta memudahkan masyarakat dalam hal berpergian.

    Traveloka ini menjadi pilihan utama masyarakat dalam hal memesan tiket transportasi pesawat, kereta api, sampai akomodasi seperti hotel dan penginapan lainnnya. Traveloka ini didirkan tahun 2012. Layanan Traveloka kini tidak hanya dapat dinikmati di Indonesia, tapi juga negara-negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Singapura.

    4. HijUp

    HijUp merupakan startup yang fokus pada penjualan fashion dari 120 merk dari 30 desainer lokal yang gabung dengan website nya. HijUp ini berdiri tahun 2011 oleh Diajeng Lestari dengan konsep fashion mall melalui website.

    Maka wajar saja jika startup HijUp ini pun punya kedudukan dalam minat masyarakat terutama kaum perempuan. Hal ini juga memudahkan para perempuan untuk bebas dan mudah melakukan pembelian prosuk fashion dengan berbagai merk yang tersedia tanpa harus pergi ke mall.

    5. PicMix

    PicMix adalah sebuah startup aplikasi photo sharing & editing yang dirilis tahun 2012 sebagai aplikasi foto di device berbasis Blackberry yang pada saat itu sangat menjamur di Indonesia. PicMix kemudian berhasil menggaet 1 juta pengguna hanya dalam waktu dua bulan sejak peluncurannya. Versi Android dan Windows dirilis pada akhir tahun 2014, dengan diikuti iOS pada 2015. Hingga 2016 lalu, startup Indonesia ini memiliki sekitar 27 juta pengguna terdaftar.

    Yang sudah disebutkan diatas tadi mungkin beberapa dari banyaknya startup yang sukses di Indonesia. Jadi bagaimana? Startup memang hadir untuk membantu memudahkan segala aktivitas serta kegiatan dalam berkehidupan masyarakat Indonesia kan?

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: