Breaking News

    Body Shaming dan Mengapa Harus Dihilangkan

    Body Shaming dan Mengapa Harus Dihilangkan

    Apa itu body shaming? Bentuk menyakiti seseorang dengan menjelek-jelekkan atau memberikan komentar buruk mengenai bentuk tubuhnya. Body shaming dapat muncul dalam berbagai bentuk, di antaranya yaitu mengkritisi penampilan tubuh sendiri, membandingkan diri sendiri dengan orang lain, mengkritik penampilan orang lain, atau menjelek-jelekkan penampilan orang lain tanpa sepengetahuannya. Bagaimanapun bentuknya, body shaming merupakan perbuatan yang akan memberikan dampak negatif. Body shaming merupakan bentuk bullying yang akan berdampak pada korbannya dalam jangka waktu yang panjang.

    Body shaming bisa memunculkan perilaku tidak sehat bagi korbannya. Misalnya saja, terlalu sering dicel akan membuatnya ingin merubah bentuk tubuhnya yang ia rasa kurang dengan cara apapun bukan tidak mungkin juga ia tidak akan pernah merasa puas dengan perubahan yang tetrjadi pada tubuhnya dan malah menjadi kebiasaan buruk bagi dirinya sendiri. Selain itu, body shaming juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri dengan tubuhnya sendiri dan membuat ia tidak mau bergaul dengan orang lain. Dampaknya, ia akan menjadi orang yang menutup diri dan tidak bisa bersosialisasi dengan orang di sekitarnya.

    Body shaming juga bisa membuat korbannya mengalami eating disorder seperti anoreksia dan bulimia. Penelitian di Amerika yang dilakukan oleh ANAD menunjukkan bahwa setidaknya satu orang meninggal setiap 62 menit di AS karena eating disorders. Dalam penelitian yang dipublikasikan Journal of Adolescent Health, munculnya citra diri negatif merupakan salah satu prediktor pemikiran buduh diri pada mahasiswa, khususnya perempuan.

    Oleh karena itu, body shaming benar-benar perlu dihilangkan. Tidak ada dampak positif yang bisa didapat dari perbuatan ini. Orang-orang perlu memahami bahwa tidak ada gunanya menjelekkan bentuk tubuh seseorang. Tidak ada yang namanya kecantikan tubuh yang ideal karena setiap orang memiliki kecantikan yang berbeda dan tidak ada yang perlu dijelek-jelekkan.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: