Breaking News

    Bullying di Tempat kerja

    Bullying di Tempat kerja

    Kariers, bullying rupanya tidak hanya terjadi di sekolah atau lingkungan tempat tinggal loh. Di tempat kerja pun seringkali ditemukan kasus bullying.bullying di tempat kerja marujuk pada tindakan yang dilakukan secara sengaja terhadap seorang karyawan dengan maksud merendahkan, menghina, mempermalukan, atau menurunkan kinerja mereka. Bullying akan menyebabkan menurunnya produktivitas karyawan atau bahkan berhentinya ia dari pekerjaan.

    Perilaku bullying akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pelaku apabila korban yang ditindas terlihat “tersiksa” dengan tindakan yang ia lakukan. Kebanyakan, bullying bukan disebabkan oleh kepribadian atau penampilan korban, namun lebih karena rasa tidak aman yang dirasakan oleh pelaku bully.

    Bentuk bullying di tempat kerja termasuk berteriak di depan korban, baik di depan rekan kerja atau pelanggan, meremehkan atau memberikan komentar yang tidak pantas, mencari-cari kesalahan, dengan sengaja membebani seseorang dengan pekerjaan yang sangat berat, sampai merusak pekerjaan seseorang untuk membuat mereka gagal.

    Bullying akan memberikan dampak buruk pada korban tidak hanya dalam jangka waktu yang sebentar. Korban bisa mengalami gangguan tidur, ketakutan pergi ke tempat kerja, kecemasan yang berlebihan, sampai munculnya gangguan fisik sepeti tekanan darah tinggi atau penyakit lain yang diakibatkan oleh stress.

    Oleh karena itu, perilaku bully seperti ini jelas perlu dihilangkan. Perlu adanya ketegasan untuk pemberian hukuman bagi pelaku bullying. Karena bagaimanapun bentuknya, siapapun pelakunya, dan di manapun tempatnya, bullying merupakan tindakan yang tidak benar.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: