Breaking News

    Cara Big Data Membantu dalam Bisnis

    Cara Big Data Membantu dalam Bisnis

    Big Data adalah istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Tidak hanya besar data yang menjadi poin utama tetapi apa yang harus dilakukan organisasi dengan data tersebut. Big Data dapat dianalisis untuk wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan dan strategi bisnis yang lebih baik.

    Analisis Big Data adalah proses meneliti, mengolah Big Data untuk mengetahui pola tersembunyi, korelasi yang tidak diketahui, tren pasar, preferensi pelanggan dan informasi bisnis berguna lainnya. Berikut ini beberapa jenis metode atau teknik dalam melakukan analisis big data:

    1. Analisis Teks, merupakan proses menganalisis data teks seperti blog, email, forum, tweet, forum dll.

    2. Data Mining, merupakan suatu proses menemukan hubungan yang berarti, pola, dan kecenderungan dari sekumpulan besar data dengan menggunakan teknik statistik dan matematika.

    3. Machine Learning

    4. Predictive Analytics

    5. Analisis Statistik

    6. NLP (Natural Language Processing)

    Analisis Big Data membantu perusahaan bisnis memanfaatkan data dan menggunakannya untuk mengidentifikasi peluang-peluang baru sehingga bisnis bergerak secara cepat dan efisien yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi dan kepuasan pelanggan.

    Ada 5 alasan kenapa Big Data sangat penting dalam bisnis:

    1. Data merupakan suatu asset penting dalam bisnis sehingga diperlukan cara mengelola data dengan benar, baik dalam mengumpulkan maupun dalam penggunaan data tersebut.
    2. Mengumpulkan data pasar dan pelanggan dengan baik serta dapat dianalisis agar perusahaan mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan di masa depan.
    3. Peningkatan operasional dan efisiensi internal. Suatu perusahaan juga harus fokus terhadap data karyawan yang mencakup optimalisasi layanan, kinerja bahkan perekrutan kandidat yang sesuai sebagai pedoman pengambilan keputusan.
    4. Transaksi keuangan yang efektif sehingga pertumbuhan ekonomi perusahaan meningkat.
    5. Memahami proses bisnis seperti memaksimalkan stok berdasarkan prediksi data, supply chain serta rute pengiriman terbaik dengan bantuan analisis Big Data.

    Analisis Big Data tidak terbatas pada satu bidang saja, namun juga memperluas cakupannya pada skala yang lebih besar dan jika digunakan dengan benar maka dapat memajukan bisnis sampai tingkat peluang yang banyak untuk pertumbuhan bisnis.


    Sumber:

    www.codepolitan.com

    www.phincon.com

    www.noviardisyamsuir.blogspot.sg

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: