Breaking News

    Tips Untuk Negosiasi Kontrak

    Tips Untuk Negosiasi Kontrak

    Setelah melewati serangkaian proses rekrutmen, seorang calon karyawan akan dihadapkan pada sebuah proses yang tidak kalah penting yaitu perjanjian kerja kariers. Mungkin negosisasi kontrak perjanjian kerja terlihat mudah untuk dilakukan jika yang dibicarakan adalah hal-hal yang umum. Namun dapat menjadi rumit sebelum akhirnya menghasilkan sebuah kesepakatan antar kedua belah pihak. Ketika melakukan negosisasi kontrak ingatlah beberapa tips berikut yang Rika sedikit paparkan dibawah ini.

    1.Berkomunikasi secara lisan

    Komunikasi verbal merupakan aspek yang penting, khususnya jika menggunakan perantara pihak ketiga. Meski begitu setiap perubahan yang dilakukan juga perlu untuk didokumentasikan dan diterima secara tertulis. Komunikasi verbal memungkinkan perusahaan untuk memahami Anda, memperkuat hubungan yang terjalin antar kedua belah pihak dan meminimalkan miskomunikasi.

    2. Berikan pilihan

    Ketika sedang berdiskusi, berikanlah pilihan. Beri diri Anda ruang untuk dapat fleksibel dengan situasi yang ditawarkan. Berikanlah beberapa alternatif situasi yang mungkin akan Anda pilih.

    3. Tinjau ulang prioritas

    Tanamkan tiga prioritas utama yang dibutuhkan dalam pikiran Anda. Dengan begitu Anda akan mengetahui apakah akan melanjutkan negosiasi kontrak yang sedang dilakukan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

    4. Pikirkan sebelum bereaksi

    Mintalah waktu untuk mempertimbangkan penawaran yang diajukan. Jika memungkinkan gunakan waktu yang dimiliki untuk berdiskusi dengan orang terpercaya Anda.

    5. Berkomunikasi secara profesional

    Menjaga situasi komunikasi terbuka. Tetap berfikir positif, sopan dan ramah. Selain itu dengarkan baik-baik apa yang disampaikan oleh pihak lain.

    6. Ingat strategi jalan keluar

    Anda selalu dapat mengakhiri setiap proses negosiasi kontrak yang sedang berlangsung. Jangat takut jika ternyata ini bukan pekerjaan yang tepat bagi Anda. Mungkin Anda akan kecewa, tetapi lebih baik menghindari ketidakbahagiaan dalam bekerja. Tentunya Anda tidak ingin menyesali keputusan yang telah diambil.

    Jadi kariers negosiasi perjanjian kerja menjadi penting adanya karena dapat mengkomunikasian hak dan kewajiban pihak yang terlibat di dalamnya. Isi perjanjian nantinya akan tertulis dalam kontrak kerja sesuai dengan kesepakatan dan wajib ditaati oleh kedua belah pihak. Jadi jangan sampai para kariers salah mengambil keputusan saat bernegosiasi.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: