Breaking News

    Dampak Sosial Media Terhadap Kesehatan Mental

    Dampak Sosial Media Terhadap Kesehatan Mental

    Psikolovers, siapa yang tidak menggunakan media di era teknologi yang sudah semakin pesat ini? Sebagian besar orang sudah mengenal dan menggunakan media sosial sebagai salah satu kebutuhan sehari-hari. Media sosial bisa menjadi tempat saling berkomunikasi, mencari informasi, dan sebagai media hiburan. Sayangnya, penggunaan media sosial tidak selalu berdampak positif. Belakangan ini, banyak ditemukan kasus kekerasan atau bullying yang dilakukan oleh anak. salah satu faktor yang menyebabkan mereka melakukan hal tersebut yaitu media sosial.

    Tidak semua konten di media sosial dapat dinikmati semua kalangan. Banyak konten-konten dawasa yang kurang pantas untuk dikonsumsi kalangan anak-anak atau remaja. Anak-anak atau remaja cenderung kurang bisa memfiltrasi konten yang mereka lihat di media sosial sehingga mereka tidak mengetahui maksud utama dari konten tersebut.

    Sering ditemukan konten kekerasan di media sosial, baik dalam berupa sharing dari pengguna internet lain, game, video, maupun situs-situs yang terkait. Bahkan tidak jarang sebuah video kekerasan menjadi viral. Sayangnya, anak-anak yang kurang mampu memfiltrasi akan cenderung melakukan cerminan apa yang mereka lihat di media sosial ke dalam perilaku di dunia nyata. Ketika mereka melihat tayangan kekerasan di media sosial, mereka akan memvisualisasikannya di otak, dan akan mencernanya sebagai tindakan yang lumrah atau bahkan sebagai tindakan yang dianggap ‘keren’. Efeknya, mereka akan berbuat hal yang sama di dunia nyata.

    Oleh karena itu, pengawasan ketat dari orang dewasa dalam konsumsi konten di media sosial memang perlu ditingkatkan. Setidaknya, berikan pemahaman bahwa apa yang dilihat di media sosial bukan selalu hal baik yang patut dicontoh.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: