Breaking News

    Depresi pada Mahasiswa

    Depresi pada Mahasiswa

    Menurut survey yang dilakukan oleh Associated Press-MtvU poll, 4 dari 10orang mahasiswa di Amerika mengalami depresi. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang idlakukan oleh National College Health Assessment tahun 2012, sebanyak 33% mahasiswa mengalami depresi selama kurang lebih setahun belakangan. Akibat dari depresi ini, mereka jadi kesulitan fokus belajar dan mengerjakan tugasn.

    Di Indonesia sendiri, tidak jarang diberitakan mengenai mahasiswa yang bunuh diri karena depresi akan berbagai hal.  Jumlah mahasiswa yang mengalami depresi dan kekhawatiran berlebih melonjak belakangan ini.

    Bicara mengenai penyebab depresi, banyak mahasiswa mengaku bahwa tekanan untuk mencapai prestasi akademis membuat mereka merasa stress. Ditambah dengan tenggat waktu yang diberikan oleh universitas dengan ancaman DO apabila melebihi tenggat waktu. Untuk mencapai prestasi tersebut, banyk pula hambatan yang harus dihadapi.

    Dilansir dari science.idntimes.com, sosial media juga meningkatkan level kekhawatiran dan depresi pada seseorang. Hal ini disebabkan karena secara tidak sadar seseorang akan membandingkan kehidupannya dengan orang lain. Sehingga ketika ia menganggap kehidupannya tidak lebih baik dari orang lain, ia merasakan tekanan dan kekhawatiran.

    Depresi sendiri kadang idanggap sebagai hal yang sepele. Padalah, kondisi depresi berbahaya bagi seseorang. Penderitanya bisa berpikiran untuk mengakhiri hidupnya karena merasa tidak sanggup menahan tekanan yang ia rasakan. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa perlu untuk saling peduli pada teman lainnya. Apabila terlihat salah satu teman menunjukkan gejala depresi, sebagaiknya kita segera bertindak untuk membantunya. Selain itu, dari pihak universitas sendiri alangkah baiknya untuk menyediakan layanan konseling bagi mahasiswa dan menyosialisasikannya sehingga mahasiswa yang merasa mulai dilanda stress bisa melakukan konseling dengan harapan bisa mengurangi beban pikirannya.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: