Breaking News

    Empat Perbedaan Bekerja di Startup dan Corporate

    Empat Perbedaan Bekerja di Startup dan Corporate

    Lahan bisnis sekarang ini semakin meningkat dan beragam. Ternyata sebagian masyarakat di Indonesia memiliki jiwa enterpreneur yang kreatif dan mulia untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

    Bisnis startup pun banyak dilirik oleh beberapa elemen masyarakat karena sistem kerja nya yang mungkin kekinian dan diisi oleh tim milenial. Namun memang tak semua orang merasa tertarik bekerja di dunia startup karena kmemiliki beberapa pertimbangan. Dan salah satu nya masih mempertimbangkan untuk bekerja di perusahaan corporate yang mungkin lebih menjanjikan.

    Jika startup adalah perusahaan pemula yang sedang berupaya untuk bisa menjadi lebih besar, maka corporate merupakan perusahaan besar yang telah mapan dan memiliki sistem serta berbagai aturan tersendiri yang dijalankan secara terstruktur. Tentu di kedua nya memiliki kelebihannya masing-masing seperti mungkin dalam pengembangan bisnis lebih terdepan startup karena memiliki tim yang kreatif dan kekinian, namun perusahaan corporate pun bisa dipandang karena namanya yang sudah lebih dulu dikenal di masyarakat dan memiliki karyawan yang lebih banyak dibandig startup.

    Ada empat perbedaan bekerja di startup dan corporate:

    1. Budaya Kerja

    Setiap perusahaan memiliki budaya kerja nya sendiri. Maka kamu perlu tahu dan mengerti budaya kerja dari perusahaan yang akan kamu pilih. Budaya kerja di startup biasanya memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dibanding corporate, dan biasanya startup dipenuhi oleh orang-orang fresh graduate yang memiliki ide-ide segar. Budaya kerja di startup pun bisa disebut tidak begitu formal. Sedangkan corporate memiliki ruang lingkup yang lebih luas dengan tim karyawan yang lebih banyak juga. Budaya kerja nya pun terkenal sangat formal dengan segala sesuatu yang sudah terjadwal.

    2. Waktu Kerja

    Waktu bekerja di setiap perusahaan pun kadang berbeda-beda. Pun sama hal nya dengan startup dan corporate. Startup biasanya memiliki jam kerja yang lebih longgar dan tidak mengikat. Sedangkan corporate memiliki jam kerja yang sudah dijadwalkan dan terkesan mengikat.

    3. Gaji

    Tentu saja gaji pun memiliki nilai yang berbeda pada masing-masing perusahaan. Bekerja di startup mungkin bisa mendapatkan gaji yang tidak begitu besar dengan bekerja di corporate, meskipun ada beberapa startup yang sudah berkembang yang memberikan gaji lebih besar bahkan dari perusahaan corporate.

    Sedangkan perusahaan corporate tentu memiliki pondasi yang kuat dengan nama nya yang sudah lebih dikenal banyak orang. Bekerja di corporate memang memiliki banyak aturan, pun perihal gaji dan bonus.

    4. Kesempatan Berkarir

    Seseorang yang bekerja tentu menginginkan jenjang karir dan kesempatan berkarir yang semakin maju dan baik kedepannya.  Makanya memilih tempat untuk bekerja pun dapat menjadi sebuah pertimbangan ntuk mengembangkan bakat dan kemampuan kita. Startup akan memberikan kamu kesempatan berkarir yang sangat luas dan bisa terus belajar hal-hal yang baru. Karena startup memiliki karyawan yang sedikit sehingga dapat memberikan kesempatan untuk berkembang lebih besar lagi. Sedangkan corporate yang merupakan perusahaan yang stabil dengan keteraturannya masing-masing sehingga terkadang sulit untukmengembangkan diri lebih lagi ketika bekerja di corporate.

    Sumber:
    www.cermati.com
    www.economy.okezone.com

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: