Google Analytics Alternative

Fidget Spinners: Mainan atau Media Terapi?

Fidget Spinners: Mainan atau Media Terapi?

Fidget spinners merupakan permainan yang populer masa kini di kalangan anak-anak. Banyak orang yang menganggap bahwa fidget spinner bisa membantu anak untuk fokus belajar. Apakah pendapat ini tepat secara ilmiah?

  1. Squirming (menggeliat) dan spinning (memutar) bukan hal yang sama

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang ADHD yang sering melakukan gerakan squirmin dan banyak bergerak akan membantunya fokus daripada tetap diam. Lalu apakah ini berarti fidget spinner bisa membantu anak ADHD? Peneliti mengemukakan bahwa yang diperlukan anak dengan ADHD adalah gerakan yang melibatkan seluruh tubuh, daripada hanya gerakan kecil seperti memutar fidget spinner yang justru malah akan mengganggu fokus anak dengan ADHD.

  1. Spinning sebagai pelepasan stress?

    beberapa artikel menunjukkan keefektifan pendekatan sensori seperti sentuhan dan suara serta penciuman untuk mengatasi stres. Sayangnya, belum ada penelitian yang menunjukkan gerakan spinning sebagai pelepas stress.

  2. Bergerak tetap merupakan hal terbaik

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa latihan fisik yang melibatkan seluruh tubuh sangat membantu siswa dalam meningkatkan atensi, prestasi, serta memori.

Related posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: