Breaking News

    Fungsi Big Data dalam Dunia Ritel

    Fungsi Big Data dalam Dunia Ritel

    Pasar retail dapat mendorong nilai bisnis dalam rantai suplai, analisis harga, dan pada saat yang bersamaan dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Untuk itu perusahaan-perusahaan disarankan untuk mengadopsi program pemasaran berbasis pelanggan dan loyalitas agar dapat tetap kompetitif. Hal ini berlaku terutama untuk ritel yang berkembang dari offline ke online dan sebaliknya sehingga dapat mengoptimalkan biaya dalam bisnis sehari-hari.

    Sesuai dengan catatan Teradata yang merupakan perusahaan Big Data Analytics, bahwa pada tahun 2015 Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar telah mencapai peringkat GRDI (Global Retail Development Index ) tertinggi. Total penjualan dalam pasar ritel di Indonesia tumbuh sebesar 14,5 persen terutama pada bisnis rItel kelas menengah. Hal ini menegaskan bahwa pasar ritel harus secara efektif memanfaatkan kekuatan Big Data Analytics jika mereka ingin meningkatkan penjualan dan keuntungan.

    Kehadiran berbagai macam saluran untuk pemenuhan kebutuhan konsumen membuat pasar ritel harus bertindak dan mengoptimalkan operasi pemasaran untuk mendorong bisnis mereka. Sebagai contoh, penggunaan data yang dapat membantu bisnis ritel seperti yang terjadi pada salah satu merek convenience store yang mendapatkan data bahwa pembelian produk popok bayi dan minuman kaleng sering terjadi secara bersamaan dan lebih sering dibeli oleh laki-laki. Melalui data ini convenience store tersebut dapat memindahkan lorong belanja popok bayi dekat dengan lorong belanja minuman kaleng sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan keduanya. Selain itu,convenience store ini dapat melakukan promosi yang lebih tepat dari hasil yang didapatkan dari keluaran analisis data tersebut.

    Kehadiran Big Data secara global untuk pasar ritel terus tumbuh. Big Data untuk memperkuat strategi bisnis berbasis data, seperti mengenali pelanggan dengan baik (segementasi pasar), membuat strategi bisnis yang efektif serta memmanfaatkan media social melalui hasil analisis Big Data. Big Data sangat membantu dalam mendapatkan pelanggan dan wawasan bisnis, mendukung kinerja, dan pertumbuhan yang pesat di seluruh toko, mobile, dan saluran e-commerce.

     

    Sumber:

    www.marketplus.co.id

    www.kumparan.com

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: