Breaking News

    Group Therapy

    Group Therapy

    Apa itu Group Therapy atau Terapi Kelompok?

    Terapi kelompok merupakan salah satu bentuk terapi psikologis untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang dialami oleh seseorang. Terapi ini bertujuan membantu anggota dalam kelompok terapi agar mampu memperbaiki penyesuaian sosial serta mampu mencapai tujuan.faktor dinamis yang muncul dalam terapi kelompok akan memunculkan gagasan-gagasan baru yang nantinya akan membantu klien dalam menemukan solusi dair permasalahannya.

    Lamanya terapi kelompok bergantung pada kebutuhan masing-masing anggota kelompok yang biasanya terdiri dari 5 – 12 orang. Kelompok ini dapat terdiri dari klien dengan satu diagnosis maupun berbeda diagnosis. Terapi ini juga baik untuk orang-orang yang hanya memerlukan tempat untuk mencoba perilaku baru dan mempraktikkan keterampilan sosial baru.

    Dalam praktiknya, terapis akan berusaha untuk menciptakan suasana bebas yang mendorong para klien mengungkapkan masalah-masalah mereka secara spontan. Mula-mula para anggota kelompok menceritakan simptom dan masalah mereka sendiri. Lama kelamaan mereka akan menilai dan memberi komentar mengenai pengalaman-pengalaman anggota kelompok yang lain.

    Beberapa manfaat terapi kelompok di antaranya adalah:

    • Mampu mengidentifikasi masalah bersama orang lain yang memiliki permasalahan serupa
    • Dapat membantu klien mengingkatkan hubungan interpersonal dengan klien lain sehingga dapat saling mendukung
    • Dapat membantu menghilangkan perasaan terisolasi dalam diri klien
    • Dapat membantu menghilangkan kecemasan dan ketegangan pada klien
    • Dapat meningkatkan kemampuan klien untuk berpartisipasi serta bertukar pikiran dan masalah dengan orang lain.
    • Mampu meningkatkan identitas diri klien
    • Dapat membantu klien menyalurkan emosinya secara konstruktif
    • Meningkatkan kemampuan ekspresi diri dalam keterampilan sosial, kepercayaan diri, kemampuan empati, dan meningkatkan kemampuan dalam menghadapi berbagai permasalahan.

     

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: