Breaking News

    Hal-hal Dasar yang Diperlukan dalam Membangun Bisnis Startup

    Hal-hal Dasar yang Diperlukan dalam Membangun Bisnis Startup

    Seperti hal nya sebuah bangunan yang memerlukan fondasi dalam proses pembangunannya, merintis bisnis pun sama, membutuhkan beberapa fondasi yang telah disepakati untuk membangun sebuah perusahaan baru atau yang biasa disebut startup.

    Pada dewasa ini, bisnis startup semakin merambah. Para insan-insan muda yang kreatif sudah memberanikan diri menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan inovasi-inovasi baru yang menunjang segala permasalahan yang terjadi di sekitar. Perkembangan teknologi pun sudah sangat semakin meningkat sehingga hadir banyak perusahaan-perusahaan yang berbasis pada teknologi.

    Startup merupakan sebuah bisnis berbasis IT/Teknologi yang sedang gencar-gencarnya di Indonesia. Namun menjalankan startup pun tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan. Menurut Filbert Tsai yang dikutip dalam Tech in Asia, menyatakan bahwa kinerja merupakan bagian tubuh bisnis, strategi merupakan penggerak (otak), sedangkan finansial merupakan nyawa dari bisnis yang dijalankan. (Kompas.com)

    Dalam bisnis startup yang paling diutamakan adalah dengan mengandalkan sebuah ide dan strategi. Karena bisnis startup merupakan bisnis yang berbasis IT/Teknologi yang mana hal itu terus melakukan pembaharuan. Maka si founder harus memiliki passion yang sama dengan ide-ide yang akan di eksekusi dalam bisnis startup nya.

    Maka, hal-hal apa saja yang mesti diperlukan dalam membangun sebuah bisnis startup?

    1. Memahami Ide, Visi dan Strategi

    Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa yang diutamakan dalam membangun bisnis stratup adalah pengembangan ide, visi serta strategi. Ide dan visi yang Anda miliki dalam membangun bisnis startup haruslah yang memang berguna dalam kehidupan nyata dan untuk orang banyak. Ketika ide dan visi sudah selaras maka anda tinggal melakukan eksekusi dengan menggunakan strategi-strategi yang dapat membuat bisnis startup anda banyak diminati.

    2. Menetapkan Target Pasar

    Setelah membangun ide dan bentuk startegi, kini saatnya menetapkan target pasar. Jika ide sudah jadi, maka tinggal menyelaraskan ide kepada pasar yang akan ditargetkan. Dengan memperdalam pasar yang akan ditargetkan, anda akan dengan mudah menentukan solusi-solusi untuk permasalahan yang terjadi. Selain itu pula, dalam proses strategi pemasarannya pun jika target pasar sudah ditentukan maka dalam melakukan sebuah strategi pemasarannya pun akan disesuaikan dengan pasar yang ditargetkan.

    3. Membentuk Tim

    Membentuk tim untuk sebuah bisnis startup tentu sangat diperlukan. Kemampuan dasar dari tim adalah salah satu penentu yang sangat penting untuk membangun sebuah startup. Dalam pembentukan tim juga usahakan yang memiliki visi misi serta passion yang sama dengan bentuk startup yang akan dikembangkan.

    4. Melakukan Branding

    Branding dalam sebuah bisnis sangat perlu dilakukan karena itu adalah modal utama bisnis kita akan dikenali banyak orang, apalagi dalam bisnis yang baru dirintis seperti startup tentu dalam memerlukan proses branding yang maksimal. Dengan adanya branding pun anda dapat menargetkan dan menarik pasar. Dalam sebuah branding usahakan masing-masing dari bisnis startup itu memiliki ciri khas tersendiri dalam melakukan branding, hal itu akan membuat masyarakat dan juga pasar ingat pada bisnis kita.

    5. Funding

    Dalam merintis sebuah usaha baru tentu diperlukan biaya yang sangat besar untuk menitinya, maka dari itu hal ini menjadi salah satu yang diperlukan untuk membangun sebuah startup. Jika sampai kehabisan dana hal ini akan menjadi salah satu masalah yang terjadi pada bisnis startup. Diperlukan persiapan yang matang dari hal-hal lain yang mendasar agar memiliki pengeluaran atau pembiayaan yang jelas.

    Nah, mungkin banyak lagi hal-hal dasar yang diperlukan dalam membangun startup. So, buat kariers yang berencana ingin membangun bisnis startup bisa memperhatikan hal-hal tersebut ya! Dan intinya adalah jangan takut untuk mencoba!

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: