Breaking News

    Hal-hal yang Wajib diketahui Para Fresh Graduate

    Hal-hal yang Wajib diketahui Para Fresh Graduate

    Perjuangan menempuh Sarjana maupun Diploma tidaklah mudah. Tapi menyelesaikan perkuliahan bukan berarti perjuanganmu selesai. Justru itulah babak baru kehidupanmu dimulai. Kamu diberikan tantangan lagi untuk mencari pekerjaan. Sebelum mencari pekerjaan, kalian sebagai fresh graduate perlu tau hal-hal dibawah ini.
    1. Hidup Adalah Pilihan
    Hidup adalah pilihan. Setelah gelar telah resmi kamu sandang, apapun bisa dipilih. Ikuti kata hati saja. Mau kerja di bidang apa? Ingin menekuni profesi apa? Tipe pekerjaan apa yang diinginkan? Tapi jangan lupa, setiap pilihan membawamu kepada konsekuensinya masing-masing. Jadi tetap pikirkan matang-matang.

    2. Bekerja Tidak Harus “Ngantor”
    Di era digital yang makin pesat ini, kalian bisa menghasilkan uang lewat segala cara. Yang penting halal. Manfaatkan gadget untuk mendulang Rupiah. Jangan hanya untuk bermedia sosial. Semakin ke sini makin banyak pekerjaan lepas (freelance) yang menjanjikan. Pilih yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Entah menulis, merancang web, membuat program, mendesain, jualan online, atau yang lainnya. Dengan ponsel dan laptop kamu bisa bekerja di mana saja.

    3. Ambillah Gap Year
    Daripada buru-buru untuk bekerja di mana, langsung bisnis atau kuliah lagi, istirahat sejenak juga boleh dipertimbangkan. Liburlah seperlunya. Entah tiga bulan, satu semester, atau satu tahun untuk berkontemplasi. Kamu bisa jalan-jalan, menekuni hobi, berkumpul bersama keluarga, atau membuat proyek kesukaanmu. Karena apa jika telah bekerja kantoran rasanya sulit deh untuk bisa mendapatkan cuti lebih dari dua minggu.

    4. Bisnis Mungkin Menjadi Pilihan
    Akan datang suatu masa ketika mencari pekerjaan merupakan aktifitas utamamu. Karena persaingan kerja yang makin gila, bukan tidak mungkin kamu akan dibuat stress karenanya. Jadi jika kamu memang bakat jualan dan tidak mau “disuruh-suruh”, mungkin bisnis dapat menjadi peluang yang baik. Setidaknya dengan berbisnis kamu memiliki kegiatan dan bisa juga merekrut orang-orang lain. Bila belum mampu memulai bisnis yang cukup besar, mulailah dari bisnis kecil-kecilan.

    5. Pekerjaan Pertama Yang Akan Didapatkan Bukan Berarti Pekerjaan Impian
    Pekerjaan pertama yang Anda dapatkan nantinya belum tentu merupakan pekerjaan yang kamu impikan. Ada beberapa orang yang justru harus berulang kali berpindah tempat kerja barulah dia menemukan yang pekerjaan yang diinginkan. Sehingga, jika kamu merasa pekerjaan pertama yang kamu kerjakan tidak membuatmu merasa nyaman, sebaiknya kamu harus bertahan dulu untuk bisa dapat ilmu dan juga pengalamannya.

    6. Jangan Mudah Merasa Puas
    Sekalipun kamu  sudah memiliki pekerjaan nantinya, jangan pernah mudah puas dengan apa yang sudah kamu dapatkan. Ketika kamu cepat puas akan suatu hal yang sudah kamu kerjakan, maka ini akan membuatmu berhenti untuk belajar. Tetapi ketika kamu merasa kosong, maka kamu akan mengisinya dengan berbagai ilmu baru.

    Sumber:
    https://www.bernas.id,
    http://www.kampusgw.com

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: