Breaking News

    Hal yang Wajib Dimiliki CEO Startup

    Hal yang Wajib Dimiliki CEO Startup

    Saat ini mulai banyak bermunculan beberapa startup yang digawangi langsung oleh anak-anak muda asli Indonesia. Jika Anda adalah seorang CEO startup yang masih baru, rasanya tak salah jika mengambil pelajaran dari para CEO startup yang sudah lebih dulu sukses di Indonesia. Tentu dengan segudang pengalaman yang sudah mereka dapatkan akan sangat membantu dalam mengembangkan startup Anda.

    Sebelum mendirikan startup, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan benar. Maksudnya adalah, dalam proses pendirian sebuah startup, bukan hanya fokus pada pendanaan saja. Namun lebih dari itu, Anda sebagai CEO yang bakal mengelola startup harus memiliki pola pikir yang benar. Jadi perlu Anda tekankan pada diri Anda sendiri sebagai CEO, bahwa startup Anda bukan hanya tentang uang, tapi lebih dari itu.

    Menjadi CEO startup memang bukan perkara mudah, namun bukan berarti tak bisa dikerjakan juga. Kesuksesan seseorang menjadi CEO tidak bergantung seluruhnya pada gelar akademis mereka. Pun demikian juga tak bergantung pada status gender mereka, wanita dan pria memiliki kesempatan yang sama besar untuk menjadi CEO handal.

    Terpenting adalah skill seperti mengambil keputusan yang tepat dan juga kemampuan dalam menentukan visi yang jelas. Begitu juga wanita, sama saja dengan laki-laki, selama mereka memiliki skill yang mumpuni maka kesempatan untuk sukses selalu terbuka.

    Menurut CEO sekaligus founder KebunBibit, startup baru tidak perlu memiliki pegawai banyak dulu. Sedikit pegawai dulu tidak masalah, yang terpenting memiliki kualitas. Menurut pengalaman Steve, dulu dia mengembangkan startup-nya hanya dibantu oleh empat orang saja, namun mereka memiliki skill yang baik di beberapa bidang.

    Dari keempat pegawai tersebut memiliki setidaknya dua skill yang dibutuhkan oleh startup itu sendiri. Dari situ nantinya jika startup bisa berkembang dengan baik, maka kemudian bisa dipikirkan untuk merekrut pegawai baru lagi.

    Bagi startup baru, jangan takut tidak mendapat keuntungan. Motivasi Anda dalam membangun sebuah startup adalah untuk menjadi bagian dari solusi masalah yang ada di masyarakat. Jadi, ketika Anda mendapat keuntungan itu anggap saja sebagai bonus.

    Selanjutnya, tentu Anda harus memanfaatkan berbagai kampanye untuk mempublikasikan startup baru Anda. Dan saat ini yang paling mudah dan murah tentu menggunakan media sosial karena memang penggunanya sangat banyak di situ. Mudah memang berkampanye menggunakan media sosial, namun dalam proses kampanye melalui media sosial pasti sedikit banyak akan memunculkan haters. Haters sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai semacam konsultan gratis untuk mengoreksi startup Anda.

    sumber:
    www.maxmanroe.com

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: