Breaking News

    Hambatan Terbesar Bagi Para Fresh Graduate

    Hambatan Terbesar Bagi Para Fresh Graduate

    Baru lulus kuliah dan menyandang gelar sarjana, hal berikutnya yang biasa dilakukan adalah mencari kerja. Sekarang ini mencari kerja bukanlah perkara mudah. Ada banyak sekali tantangan dan hambatannya, apalagi kalau masih fresh graduate. Banyak fresh graduate yang sulit mendapat pekerjaan karena sejumlah hambatan dan tantangan. Disini kita akan membahas satu persatu mengenai penyebab seorang fresh graduate kesulitan mendapatkan pekerjaaan
    1. Saingannya Sangat Banyak
    Persaingan di dunia kerja memang makin kompetitif. Untuk bisa diterima kerja, harus mengalahkan ribuan peserta lainnya. Bahkan untuk bisa lolos diterima di sebuah perusahaan, tahapan seleksinya bisa sangat panjang. Jika tidak memiliki kompetensi dan kemampuan yang istimewa, sulit rasanya untuk bisa mengalahkan ribuan saingan lainnya.

    2. Tidak Memiliki Jaringan
    Tidak dapat dipungkiri kalau praktik “lolos dengan bantuan orang dalam” masih ada di dunia kerja. Seorang fresh graduate yang memiliki kompetensi tinggi bisa saja kalah oleh seseorang yang sudah terlebih dahulu memiliki kenalan atau jaringan. Tapi jangan pesimis. Tetaplah berusaha mencari pekerjaan dengan cara yang fair, karena masih banyak juga para pencari kerja yang berhasil mendapatkan pekerjaanya tanpa bantuan orang lain.

    3. Belum Memiliki Pengalaman Kerja
    Saat wawancara biasanya akan ditanya soal pengalaman kerja yang pernah dilakukan. Kalau pernah magang atau kerja sampingan saat kuliah, itu bisa jadi nilai plus untukmu. Tapi kalau sama sekali tidak punya pengalaman kerja, kamu bisa langsung tergeser dengan kandidat lain yang lebih matang dengan pengalaman kerja yang lebih banyak. Jadi perbanyaklah dulu pengalaman.

    4. Kurang Percaya Diri
    Ada banyak alasan untuk menjadi tidak percaya diri. Ada hal-hal dalam diri kita yang tidak mudah untuk diubah, misalnya tampilan fisik, tingkat kecerdasan, kemampuan yang memang sudah matang. Namun bukan berarti batasan-batasan tersebut harus menjadi kutukan seumur hidup untuk tidak mendapat pekerjaan. Bahkan hal-hal terkecil di dunia ini-pun dibutuhkan keberadaannya. Sekali lagi, temukan potensi dan minat terbesar kalian, sesuaikan dengan kemampuan kalian, dan mulailah mencari jenis pekerjaan yang paling tepat untuk.

    5. Kualifikasi Yang Ditawarkan Terlalu Rendah
    Hidup memang harus menggunakan standar dan tujuan yang jelas. Namun harus dilihat juga realita kehidupan. Jika memang tidak ada pekerjaan yang memenuhi standar kalian, mungkin sudah waktunya bagi kalian untuk merenungkan kembali standar kalian. Daripada terkatung-katung menunggu harapan yang belum pasti, ada baiknya kalian mengambil pekerjaan yang terlihat sederhana dan di bawah standar kalian tersebut. Namun jika pekerjaan tersebut memang benar-benar tidak membuat Anda bahagia, berarti sudah menjadi tugas kamu untuk menciptakan pekerjaan yang sesuai dengan standarmu tersebut.
    Tetap semangat dan berusaha dalam mencari kerja. Taklukkan semua hambatan dan tantangan yang ada untuk mendapat pekerjaan impianmu. Selama ada usaha maka akan ada jalan. Good luck!

    Sumber:
    https://www.vemale.com/artikel,
    http://www.experdfresh.com

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: