Breaking News

    How to Manage Toxic Employee? (Bagian 1)

    How to Manage Toxic Employee? (Bagian 1)

    Ada satu orang dalam tim kerja Anda – yang tidak memiliki satupun sifat baik, mengganggu karyawan lainnya, dan membuat lingkungan kerja menjadi tidak bermutu. Jika Anda tidak bisa memecatnya, bagaimana Anda menanggapi perilakunya? Apa feedback yang Anda dapatkan? Dan bagaimana Anda mengurangi kerusakan yang ia timbulkan?

    Langkah pertama adalah memerhatikan lebih cermat perilaku tersebut dan apa yang menyebabkannya. Apakah orang tersebut tidak senang dengan pekerjaannya? Tertekan dengan rekan kerja? Anda mungkin bisa menemuinya dan menanyakan kabar – atau menanyakan perkembangan karir mereka. Jika Anda menemukan alasan mengapa mereka berperilaku seperti itu, maka tawarkanlah bantuan. Seperti contoh, jika seseorang melewati peristiwa perceraian atau berjuang dengan permasalahan mental, Anda bisa menawarkan konseling atau waktu libur yang sekiranya meringankan beban mereka.

    Toxic employee tidak menyadari dampak yang mereka timbulkan pada karyawan lainnya. Itulah mengapa penting untuk memberikan feedback langsung dan jujur – supaya mereka memahami permasalahannya dan memiliki kesempatan untuk berubah. Jelaskan perilaku buruk tersebut secara objektif, juga dampak yang ditimbulkannya, dengan menggunakan contoh yang kongkrit dan spesifik. Kemudian diskusikan juga tentang perilaku seperti apa yang ingin dilihat, dan bina perbaikan dengan karyawan. Dengan begitu, Anda memberi mereka peluang untuk memberikan dampak positif pada orang-orang di sekitarnya.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: