Breaking News

    Inilah Strategi untuk Mencegah Timbulnya Burnout pada Pekerja Sosial

    Inilah Strategi untuk Mencegah Timbulnya Burnout pada Pekerja Sosial

    Pekerja sosial merupakan salah satu pekerja yang rentan mengalami stres dan kelelahan. Pekerja sosial yang berbasis klien dan seringkali terlibat dalam situasi sosial yang kompleks menyebabkan mereka dapat mengalami konflik dalam pekerjaannya. Stres yang dialami pekerja sosial bisa berujung pada burnout. Burnout merupakan gejala serius dan kronis yang mampu mengganggu efektivitas pekerja layanan sosial. Beberapa faktor seperti tekanan kerja, beban kerja, ambiguitas peran, dan hubungan dengan klien, menjadi pemicu timbulnya burnout. Oleh karena itu, diperlukan beberapa strategi untuk mencegah timbulnya burnout pada pekerja sosial.

    1. Jadilah selektif

    Jika Anda sering menangani klien, cobalah untuk lebih selektif dan seimbang dalam memilih klien. Ambil beberapa klien dengan kasus yang relatif sederhana untuk menyeimbangkan pekerjaan Anda. Jangan paksakan untuk menerima klien dengan kasus berat yang justru akan membuat stres Anda sendiri.

    1. Jangan libatkan perasaan pribadi

    Jaga selalu batasan antara dunia pribadi dan profesionalitas. Anda memang perlu berempati dalam berhadapan dengan klien, namun Anda juga perlu membatasi diri untuk tidak melibatkan emosi pribadi dalam menangani klien.

    1. Utamakan kesehatan diri sendiri

    Jangan lupakan kesehatan diri sendiri. Meski pekerjaan Anda berat, jangan lupa untuk tidur yang cukup dan makan dengan teratur. Yang terpenting adalah tetap prioritaskan kebutuhan diri sendiri.

    1. Lakukan hal yang menyenangkan

    Sesekali lakukanlah yang membuat Anda terhibur seperti mendengarkan musik favorit, menonton film, atau sekedar melakukan spa sederhana di rumah.

    1. Bersosialisasi dengan orang-orang dari bidang yang beragam

    Untuk menghilangkan kejenuhan, cobalah untuk bertemu dnegan orang lain dari bidang berbeda seperti seni, lingkungan alam, pendidikan, atau lainnya. Cobalah untuk bertukar pikiran mengenai pengalaman masing-masing.

    1. Sempatkan waktu beristirahat

    1 menit latihan pernapasan dapat membantu Anda untuk mencegah timbulnya stres. Sempatkanlah beberapa menit untuk sekedar beristirahat mengatur pernapasan atau memberi pijatan ringan pada badan Anda. Anda juga bisa menyempatkan misalnya sehari dalam sebulan untuk berlibur dan melupakan pekerjaan Anda sejenak.

    1. Jaga komunikasi dengan teman terdekat

    Lakukan komunikasi berkala dengan teman-teman terdekat Anda. Teman-teman yang dipercaya, dan yang biasa menghabiskan waktu bersama dengan Anda. Mereka bisa menjadi obat kala Anda mulai merasa jenuh atau stres akan pekerjaan Anda.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: