Breaking News

    Introduction to Data Collecting in Market Research

    Introduction to Data Collecting in Market Research

    Strategi pengumpulan data sangat terkait dengan jenis penelitian yang sedang dilakukan. Dalam Market Research yang berubah dengan cepat, cara lama mulai terkikis karena teknologi membuat metode baru yang lebih canggih. Pergeseran ke cara yang lebih elektronik untuk mensurvei konsumen bermanfaat dalam beberapa cara. Begitu infrastruktur sudah ada, pengumpulan data digital lebih cepat, relatif bebas dari kesalahan, dan sering menyenangkan bagi konsumen. Dimana pengumpulan data masih terpusat, periset pasar bisa menghilangkan kesulitan dalam memasukan data dengan pengkodean tanggapan ke komputer atau layar sentuh. Peng-kode-annya akan secara instan dilakukan  dan analisis datanya cepat.

    Terlepas dari bagaimana data dikumpulkan, elemen manusia selalu penting. Mungkin pengetahuan pakar periset pasar beralih ke tempat yang berbeda dalam aliran riset pasar. Misalnya, pengetahuan ahli dari seorang peneliti pasar sangat penting dalam dunia simulasi Bayesian Networks yang canggih dan pemodelan persamaan terstruktur – dua teknik yang dilakukan melalui pemodelan komputer. Penelitian pasar yang dirancang secara cerdas memerlukan perencanaan terlepas dari platformnya. Pepatah lama masih berlaku: Sampah masuk, buang sampah.

    Pengumpulan Data dalam Riset Pemasaran merupakan proses terperinci dimana suatu pencarian yang direncanakan untuk semua data yang relevan dibuat oleh peneliti. Pengumpulan data juga tergantung pada jenis data yang dibutuhkan. Jenis Data terdiri dari dua yaitu:
    1. Data Primer
    Data primer adalah data yang dikumpulkan secara langsung khusus untuk tujuan penelitian. Ini dikumpulkan untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
    2. Data sekunder
    Data sekunder adalah data yang telah dikumpulkan dan tersedia dari sumber lain.

    Untuk mengumpulkan data terdapat metode pengumpulan data sesuai jenis penelitian yang dilakukan. Berikut rinciannya:
    1. Penelitian Kualitatif
    Penelitian Kualitatif umumnya dilakukan untuk mengembangkan pemahaman awal tentang masalah tersebut. Ini bersifat non statistik. Ini menggunakan metode induktif, yaitu data yang relevan dengan beberapa topik dikumpulkan dan dikelompokkan ke dalam kategori bermakna yang sesuai. Data kualitatif masuk ke dalam berbagai bentuk seperti transkrip wawancara; dokumen, catatan harian dan catatan yang dibuat sambil mengamati. Ada dua metode utama untuk mengumpulkan data kualitatif:
    a. Metode Pengumpulan seperti Grup fokus, Kedalaman Wawancara, dan Studi kasus.
    b. Metode Pengambilan Tidak Langsung seperti Teknik Proyektif·

    2. Penelitian Kuantitatif – Penelitian Kuantitatif mengkuantifikasi data dan menggeneralisasi hasil dari sampel ke populasi. Dalam Penelitian Kuantitatif, data dapat dikumpulkan dengan dua metode yaitu Metode Survei dan Metode Pengamatan.

    Sumber:
    http://www.managementstudyguide.com/
    https://www.thebalance.com/

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: