Breaking News

    Keperluan yang Sangat Tepat Jika Gunakan Dana THR

    Keperluan yang Sangat Tepat Jika Gunakan Dana THR

    Anggap saja tunjangan hari raya atau THR ini sebagai gaji ke-13 dan bonus yang diterima oleh karyawan. Meski sebagai penghasilan tambahan, Anda tetap perlu memanfaatkan uang THR dengan bijak agar tidak menyebabkan kesulitan keuangan di kemudian hari.

    1. Memenuhi kebutuhan hari raya yang belum terpenuhi

    Bulan Ramadan memang kerap menghabiskan kocek lebih besar dibandingkan bulan lainnya. Jangan mudah tergoda dengan berbelanja di luar kebutuhan Hari Raya. Utamakanlah THR tersebut untuk hal-hal seperti membayar tiket mudik, memberikan kepada orang tua, zakat, hingga salam tempel sekalipun.

    2. Melunasi utang 

    Apabila kamu punya utang yang selama ini menjadi beban, maka THR jua bisa dijadikan kesempatan untuk mengurangi beban utang. Meskipun gak  bisa melunasinya sekaligus, dana THR yang dialokasikan untuk membayar utang paling tidak bisa mengurangi bebanmu.

    3. Menambah jumlah tabungan dan investasi

    Kamu punya impian jangka pendek atau jangka panjang yang harus dipenuhi? Momen mendapatkan THR bisa jadi kesempatan emas untuk memulai menabung atau berinvestasi. Kamu bisa memulai dengan investasi yang berisiko rendah seperti investasi emas. Dengan begitu, uang THR yang kamu dapatkan bisa berguna di masa depan dan gak cuma numpang lewat doang.

    4. Mempersiapkan dana darurat

    Kamu juga harus memiliki sejumlah dana darurat dalam keuangan. Dana ini sangat penting untuk dimiliki, terutama bagi kamu yang telah memiliki tanggungan alias berkeluarga.

    Setidaknya, kamu harus memiliki dana darurat sebesar 6-12 kali kebutuhan rutin bulananmu. Jika kamu belum mengumpulkan dana ini, alokasikan sisa dana THR untuk kebutuhan yang satu ini.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: