Breaking News

    Keterlibatan Perempuan dalam Dunia Kerja

    Keterlibatan Perempuan dalam Dunia Kerja

    Keterlibatan perempuan dalam dunia kerja semakin meningkat, sejumlah alasan perempuan memilih untuk bekerja diantaranya didorong oleh keinginan perempuan untuk mandiri secara ekonomi serta makin meluasnya kesempatan kerja yang menyerap tenaga kerja perempuan (Majid, 2012). Pada saat tingkat penghasilan keluarga yang bersangkutan belum mampu mencukupi kebutuhan keluarga maka akan semakin banyak anggota keluarga yang akan dimasukkan dalam pasar tenaga kerja termasuk perempuan. Sebagian perempuan juga memilih bekerja untuk kepentingan diri sendiri, yaitu untuk kepuasan batin dan sarana aktualisasi diri (Rejeki & Nugrahani, 2007).

    Makin besarnya kesempatan yang tersedia bagi perempuan untuk mendapatkan pendidikan juga menjadi faktor meningkatnya keterlibatan perempuan dalam dunia kerja (Lubis & Syahfitriani 2007). Semakin tinggi pendidikan seorang perempuan maka semakin besar keinginannya untuk memasuki dunia kerja dan memiliki karir yang baik. Bagi sejumlah perempuan bekerja tidak hanya   hari, mengembangkan keterampilan, menjadi anggota dari komunitas tertentu, memiliki persahabatan dan menjadi pribadi tertentu (Syahfitriani & Lubis, 2007).

    Sejumlah pekerjaan yang dahulu hanya didominasi oleh laki-laki, kini mulai melibatkan perempuan di dalamnya, misalnya di pemerintahan yaitu kepala negara, menteri, kepala daerah, dan pimpinan perusahaan. Namun demikian, penelitian Artini & Handayani (2009) menunjukkan bahwa banyak perempuan lebih terlibat pada jenis pekerjaan yang berdekatan dengan aktivitas keseharian seorang perempuan seperti berwirausaha, menjahit pakaian, menjadi pekerja salon, dan lain sebagainya pada sektor informal. Jenis pekerjaan tersebut memungkinkan perempuan untuk membagi waktu secara lebih fleksibel antara pekerjaan dan keluarga. Namun demikian, saat ini keterlibatan perempuan di bidang akademik dengan menjadi dosen juga semakin besar.

     

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: