Breaking News

    Ketika Anda Dilanda Malas Bekerja

    Ketika Anda Dilanda Malas Bekerja

    Pernahkah anda merasa malas untuk bekerja? Tidak perlu khawatir karena hal ini pasti pernah dirasakan oleh kampir seluruh karyawan di dunia. Jika perasaan ini terus dipelihara maka akan memberikan dampak yang sangat besar bagi diri sendiri maupun perusahaan. Dampak terburuknya adalah perusahaan dapat melakukan pemecatan secara tidak hormat karena kinerja anda yang dinilai sudah sangat tidak berkualitas.

    Penting bagi seorang pekerja untuk memahami hal-hal yang mungkin menyebabkan timbulnya perasaan malas dalam bekerja. Sebenarnya, banyak sekali faktor yang dapat menimbulkan perasaan ini, namun mari kita kupas beberapa alasan yang seringkali membuat karyawan sangat malas untuk datang ke kantor.

    1. Suasana kerja yang tidak nyaman.

    Kondisi tempat kerja merupakan salah satu faktor penting bagi pembentukan karakter kerja karyawan. Apabila suasana kantor menyenangkan, karyawan pun akan lebih semangat untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Sebaliknya, jika suasana kantor gloomy atau bahkan mencekam, siap-siap saja akan banyak karyawan yang malas kerja bahkan memutuskan untuk berhenti bekerja.

    2. Stress kerja.

    Faktor kedua ini bisa terjadi karena banyak hal, bisa karena lingkungan kerja yang tidak mendukung ataupun tugas-tugas yang dianggap terlalu berat. Stress akan memberikan pengaruh besar terhadap kerja tubuh seseorang, sehingga orang yang sedang dilanda stress kerja biasanya akan menghindari semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

    3. Pekerjaan monoton atau tidak sesuai dengan minat.

    Tidak adanya tantangan dalam bekerja bisa membuat seseorang merasa jenuh dengan pekerjaan mereka. Pekerjaan yang rutin, monoton, serta tidak memancing daya imajinasi dan kreativitas biasanya lebih cepat membuat karyawan merasa bosan dan malas untuk bekerja. Apalagi jika pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan minat yang mereka miliki.

    4. Atasan yang menyebalkan.

    Faktor atasan menjadi hal yang sangat penting bagi karyawan. Bayangkan jika anda memiliki seorang atasan yang galak, cerewet, banyak menuntut, tidak menghargai orang lain, pelit, dan tidak ramah. Pasti anda akan merasa tidak nyaman saat berada di kantor. Perasaan ini lah yang kemudian akan berkembang dan membuat anda menjadi malas untuk berangkat kerja.

     

     

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kita tidak boleh memelihara perasaan malas tersebut. Mau tidak mau kita harus mengatasi perasaan malas yang sedang menghantui diri kita. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk mengusir rasa malas dalam diri kita.

    1. Berhenti menunda pekerjaan.

    Salah satu kebiasaan buruk kebanyakan karyawan adalah sering menunda pekerjaan. Hal ini dapat menimbulkan perasaan malas ketika melihat banyak tugas yang menumpuk. Mulailah mencoba untuk menyelesaikan tugas satu per satu dan sesegera mungkin. Bila perlu tetapkan target yang dapat menantang diri agar anda tidak mudah merasa bosan dalam bekerja.

    2. Ungkapkan permasalahan anda kepada rekan maupun atasan.

    Setiap masalah akan terasa lebih ringan apabila anda membicarakannya dengan orang lain. Jika anda menghadapi masalah dalam bekerja, usahakan untuk membaginya kepada rekan maupun atasan anda, sehingga anda akan merasa lebih lega.

    3. Mendengarkan musik.

    Bila anda sedang dilanda malas, cepat-cepat nyalakan pemutar musik dan dengarkanlah lagu-lagu favorit anda. Musik-musik yang bisa membuat anda bergoyang dan menyanyi dapat menjadi penyemangat anda dalam bekerja.

    4. Istirahat yang cukup.

    Salah satu faktor yang dapat menimbulkan perasaan malas adalah kelelahan. Saat anda merasa lelah, semangat kerja pun akan mudah menurun. Jangan pernah memaksakan tubuh anda untuk bekerja melebihi batas. Istirahatkan tubuh anda dengan cukup, terutama di malam hari. Karena pada saat ini, seluruh organ tubuh akan melakukan revitalisasi kondisi. Jadi, jangan sering-sering begadang ya.

    Source: berbagai sumber.

    Related posts

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: